Wisata Gunung Tangkuban Perahu

By Categories : Wisata

Panorama Alam wisata Gunung Tangkuban Perahu dengan ketinggian 2084 mdpl terletak di daerah Subang, Bandung. Keindahan alam dengan kawah yang masih aktip, gunung ini merupakan gunung berapi yang masih aktip sampai sekarang dan terkadang masih mengeluarkan letusan-letusan sehingga pada waktu tertentu wisata ke Tangkuban Perahu ditutup.

Pesona Keindahan Gunung Tangkuban Perahu

Kabut Tebal Menyelimuti Kawah Gunung Tangkuban Perahu

Kabut Tebal Menyelimuti Tempat Wisata Gunung Tangkuban Perahu. foto: wisata.kompasiana.com

Pesona dari keindahan pemandangan Gunung Tangkuban Perahu sangat mengagumkan, terlebih lagi pada saat cuaca cerah, dasar kawah dapat di lihiat dengan jelas dan lekukan di setiap dinding kawah terlihat dengan jelas. Selain itu pada saat perjalanan menuju Gunung Tangkuban Perahu di sepanjang jalan kiri dan kanan di penuhi pepohonan hijau yang menyejukan dan hamparan perkebunan teh. Keindahan alam inilah yang menjadikan Tangkuban Perahu sebagai tempat wisata alam pavorit Propinsi Jawa Barat, khususnya Bandung. Setiap hari libur kawasan ini selalu dipadati pengunjung yang ingin melihat panorama keindahan kawah Gunung Tangkuban Perahu.

Gambar Keindahan Pemandangan Gunung Tangkuban-Perahu

Keindahan pemandangan tempat wisata Tangkuban Perahu. foto: bandungcityzone.com

Legenda Gunung Tangkuban Perahu

Misteri atau Legenda Tangkuban Perahu sangat terkenal, merupakan sebuah legenda dari tanah Sunda yang menceritakan seorang pemuda bernama Sangkuriang yang ingin menikahi seorang perempuan bernama Dayang Sumbi yang tak lain adalah Ibu kandungnnya sendiri. Dayang Sumbi bersedia di nikahi sangkuriang tapi dengan syarat harus membuat perahu dalam waktu semalam. Sangkuriangpun berusaha untuk membuatkan perahu itu dalam waktu semalam namun dia gagal kehabisan waktu, sangkuriangpun marah lalu menendang perahu yang hampir jadi tersebut sehingga perahunya telungkup ( tangkuban = bahasa sunda ). Legenda sangkuriang tersebut berkaitan erat dengan penamaan Gunung Tangkuban Perahu.

Gambar gunung tangkuban perahu dari kejauhan

Gunung Tangkuban Perahu dari kejauhan seperti perahu terbalik. foto: nusantara.asia

Sponsored links

Gunung Tangkuban Perahu Meletus

Gunung Tangkuban Perahu meletus secara hebat terakhir terjadi pada tahun 1910, dan hasil dari letusan dalam waktu 1,5 abad terakhir menghasilkan 9 kawah yang masih aktip hingga sekarang. Kesembilan kawah tersebut  yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas, Kawah Baru, Kawah Jurig, Kawah Badak, Kawah Jurian, Kawah Siluman dan Kawah Pangguyungan Badak. Dari 9 kawah tersebut Kawah Ratu adalah kawah yang paling besar, dan Kawah Upas yaitu kawah terbesar kedua yang terletak bersebelahan dengan Kawah Ratu. Beberapa kawah mengandung mengandung asap beracun sehingga dilarang untuk menuruni kawah tersebut.

Gambar Kawah Domas di Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Domas. foto: jabarprov.go.id

Gambar Kawah Ratu di Gunung Tangkuban Perahu

Kawah Ratu. foto: jabarprov.go.id

Harga Tiket Masuk Gunung Tangkuban Perahu

Tiket Pengunjung Lokal (Dalam Negeri):
Pengunjung Lokal Rp. 13,000/orang
Motor Rp. 5,000/kendaraan
Mobil Roda Empat Rp. 10,000/kendaraan
Mobil Roda Enam Rp. 20,000/kendaraan

Tiket Pengunjung Tourist Asing/Luar Negeri:
Tiket Perorang Rp. 50,000/orang
Motor Rp. 7,500/kendaraan
Mobil Roda Empat Rp. 15,000/kendaraan
Mobil Roda Enam Rp. 25,000/kendaraan

Artikel Terkait Wisata Gunung Tangkuban Perahu

Komentar Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *