Waspadai Gadget Anda Mempengaruhi Kesehatan Mata

By Categories : Kesehatan

Berita kesehatan terbaru dunia kali ini yaitu tentang kesehatan mata khususnya bagi anda pengguna handphone. Anda perlu waspada jika sibuk menatap layar handphone dalam waktu yang cxukup lama, karena akan mempengaruhi jkesehatan salah satu organ penting anda yaitu mata, apalagi untuk anda yang sudah menggunakan lensa kontak atau kacamata.Gadget Kesehatan Mata

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Profesor dari NUNY State College of Optometry di New York bernama Dr Mark Rosenfieldmenyebutkan bahwa jika jarak antara mata dengan suatu objek terlalu dekat, akan mengakibatkan syaraf  mata bekerja terlalu keras agar mendapatkan fokus dari objek yang dilihatnya sehingga mata akan menjadi lelah, bahkan bisa mengakibatkan mata merah dan pusing kepala.

Dari berita kesehatan terbaru dunia juga menyebutkan bahwa banyaknya fasilitas layanan pesan singkat, chatting dan browsing yang ditawarkan oleh provider juga ikut memperparah kesehatan mata jika anda terlalu sering menggunakannya dalam jarak yang terlalu dekat. Ditambah banyaknya fasilitas pendukung dari handphone dan gadget yang semakin canggih dan berteknologi tinggi.

Sponsored links

Dr. Mark Rosenfield telah melakukan beberapa penelitian. Penelitan pertamanya mengambil responden sebanyak 130 orang yang rata-rata berusia 23 tahun. Dr. Rosenfield bertanya ketika  responden membaca pesan singkat. Kemudian, dia meneliti 100 orang responden berusia 24 tahun, Dr. Rosenfield  bertanya ketika mereka browsing informasi di internet.

Lalu Dr. Rosenfield mengukur jarak antara mata responden dengan layar handphone dan juga mengecek  ukuran huruf dari informasi yang mereka baca. Kemudian didapatkan hasil berupa perbandingan saat membaca sebuah informasi di surat kabar mata dengan tulisan yaitu 16 inci. Sedangkan ketika membaca informasi (pesan singkat) dari layar handphone hanya berjarak 14 inci. Hasil yang lebih mengejutkan muncul dari 100 responden yang membaca informasi dari browsing internet yaitu antara mata dan layar handphone hanya berjarak 12,6 inci.

Dari penelitian tersebut disimpulkan bahwa ukuran huruf yang lebih kecil pada layar handphone sangat berpengaruh terhadap jarak pandang mata dengan objek yang dilihat. Jika hal tersebut terjadi dalam waktu yang lama akan menurunkan kondisi kesehatan mata anda. Itulah berita kesehatan terbaru dunia.

Artikel Terkait Waspadai Gadget Anda Mempengaruhi Kesehatan Mata

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *