Tips Kesehatan Rambut Sesuai Dengan Jenisnya

Tips kesehatan rambut sesuai dengan jenisnya sangat penting untuk diketahui. Hal ini karena jika rambut tidak dirawat dengan benar, berbagai masalah pastinya akan muncul, seperti rambut rontok, kusam, kaku, bercabang, lepek berminyak, kering, atau timbul ketombe. Jika rambut bermasalah, tentu penanganannya membutuhkan lebih banyak waktu, tenaga, dan biaya, dibandingkan dengan perawatan rambut yang tidak bermasalah. Selain itu, rambut yang tidak sehat juga membuat seseorang merasa tidak percaya. Hal ini tentu dapat dimengerti karena keindahan rambut akan menjadi daya tarik tersendiri pada diri seseorang. Sebaliknya, rambut yang tidak sehat atau bermasalah, bisa mengurangi daya tarik yang dimilikinya. Perawatan rambut tentu harus disesuaikan dengan jenis rambut. Berikut adalah tips kesehatan rambut secara alami sesuai dengan jenis rambut.

Tips kesehatan rambut

Salah satu jenis rambut adalah rambut kering. Ciri-ciri rambut jenis ini adalah rambut terlihat kusam, ujungnya bercabang, serta rambut berwarna kemerahan dan tidak rata. Untuk merawat rambut kering sehingga kondisinya tidak makin memburuk dan menjadi sehat, hal pertama yang harus dilakukan adalah memilih sampo yang tepat. Sampo yang sesuai untuk jenis rambut kering adalah sampo bahan pelembap alami, seperti madu, minyak zaitun, chamomile, atau minyak almond. Selain sampo yang tepat, pemakaian kondisioner juga wajib dilakukan dalam perawatan rambut kering. Satu hal lagi yang tidak boleh dilupakan adalah memangkas ujung rambut setiap 4-6 minggu sekali.

Sponsored links

Tips perawatan rambut minyak tentu berbeda. Rambut berminyak memiliki ciri-ciri, antara lain rambut lepek, terasa lengket saat dipegang, kulit kepala mudah mengelupas, dan mudah berbau apek. Rambut berminyak cepat kotor dan berbau apek. Jadi, harus sering dikeramas, minimal tiga kali seminggu. Sampo yang cocok untuk rambut berminyak adalah sampo extra mild. Penggunaan sampo juga bisa diganti dengan bahan-bahan alami, yaitu campuran air jeruk nipis dengan bubuk henna. Penggunaan kondisioner tidak boleh hingga ke kulit kepala, tetapi cukup tengah dan ujung rambut. Jika mengenai kulit kepala, kondisioner akan menyebabkan kulit kepala menjadi makin berminyak.

Bagaimana dengan rambut normal? Rambut normal adalah jenis rambut dambaan semua orang. Rambut ini adalah jenis rambut sehat yang memiliki ciri-ciri, antara lain mengembang, berkilau, kuat, dan lembut. Perawatan rambut normal tentu lebih mudah dibandingkan dengan perawatan untuk jenis rambut lainnya. Tips perawatan rambut cukup mudah. Cukup dengan menjaga kebersihannya dengan keramas dua kali seminggu dan menggunakan kondisioner secara teratur. Agar rambut tidak mengalami kerusakan, sebaiknya beberapa hal dihindari, yaitu terlalu sering melakukan keriting, rebonding, smoothing, catok, mengecat rambut, atau mengeringkan rambut dengan hairdryer. Rambut juga harus dilindungi dari terlalu sering terpapar sinar matahari. Tips terakhir ini tentu berlaku untuk semua jenis rambut.

Artikel Terkait Tips Kesehatan Rambut Sesuai Dengan Jenisnya

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *