Tips Agar Kicau Kacer Bagus

By Categories : Info Unik

Apakah anda pecinta burung? Pastinya anda kenal dengan jenis burung kacer. Ingin tahu tips agar kicau kacer bagus? simak artikel berikut ini! Burung kacer merupakan jenis burung yang banyak digemari oleh para pecinta burung, ini dikarenakan burung kacer ini dapat mengeluarkan kicauan yang sangat lantang dan juga sangat merdu. Burung kacer juga merupakan jenis burung yang sangat tidak mau kalah dengan burung kacer lain atau jenis burung lainnya, jika burung ini di sandingkan maka burung kacer akan terus berkicau untuk menandingi saingannya. Nah, itulah keistmewaan dari burung kacer, sehingga banyak orang yang ingin memiliharanya dan sering dijadikan sebagai burung kontes.

Tips Agar Kicau Kacer Bagus

Untuk mendapatkan kicauan burung kacer yang gacor dan bagus, para pemiliknya harus merawat dan melatihnya dari kecil atau dari bakalan dengan baik agar memiliki kualitas suara yang sangat bagus sesuai dengan keinginan anda. Hal ini dikarenakan, jika anda membeli burung kacer yang sudah jadi dan memiliki kicauan yang bagus tentunya anda harus merokoh kocek yang tidak sedikit untuk memiliki burung ini.

Namun tahukah anda, bagaimana tips agar kicau kacer bagus?

Bagi anda yang ingin belajar, simak informasinya berikut ini.

1. Lakukan pola perawatan harian dengan rutin dan teratur

Perawatan pertama yang harus anda perhatikan dan lakukan yaitu selalu menjaga kebersihan sangkar, memberikan pakan yang berkualitas, rutin memberikan asupan vitamin agar burung kacer selalu fit, pemberian makan dan minum tepat waktu dan jangan lupa juga untuk memberikan makanan ekstra seperti jangkrik, ulat hongkong, belalang dan juga jenis serangga lainnya. Takaran yang diberikan yaitu sekitar 2-3 ekor untuk jenis serasngga, dapat juga ditambah dengan ulat hongkong dengan takaran 1 sendok makan untuk 2-3 hari. Melakukan perawatan harian kacer yang baik, maka dapat menjadikan mental dan stamina juga baik. Rutin membersihkan sangkar, karena kebersihan sangkar merupakan hal pokok yang wajib anda lakukan dalam melakukan pemeliharaan burung bakalan kacer, karena sangkar yang bersih dapat menjadikan burung sehat terhindar dari berbagai jenis penyakit dan tentunya dapat membuat burung nyaman berada dalam sangkar. Hal ini sangat penting untuk selalu diperhatikan setiap hari, karena faktor kebersihan menentukan dalam keberhasilan dalam membuat bakalan kacer memiliki kualitas kicau yang baik.

2. Rutin memandikan dan menjemur bakalan

Memandikan burung kacer tiap pagi merupakan hal penting yang tidak boleh dilupakan dalam melakukan perawatan burung agar cepat gacor dan memiliki mental yang sangat kuat. Lakukan proses pemandian minimal dari jam 7.30 pada saat matahari telah terbit, pemandian burung dapat dilakukan dengan menggunakan spray dan jangan sampai terlalu basah kuyup terutama pada saat musim hujan. Setelah proses pemandian selesai, gantangkan sangkar di depan rumah atau di tempat yang tersinari matahari pagi agar bakalan dapat berjemur. Lakukan penjemuran hingga 2-3 jam.

3. Gantangkan bakalan kacer di tempai ramai

Latihan ini tentunya dapat menjadikan mental bakalan kacer menjadi lebih baik dan juga kuat, latihan ini bertujuan agar burung kacer yang anda miliki dapat terbiasa dengan keramaian dan juga aktivitas manusia. Lakukan penggantangan tersebut dengan berpindah pindah dari hari ke harinya, sehingga burung akan terbiasa pada saat di tempatkan dimana saja. Nah, setelah burung kacer kelihatannya anteng dan tidak loncat kesana kemari, itu tandanya burung kacer mulai terbiasa dan mentalnya sudah mulai kuat. Latihan ini harus terus dilakukan sampai burung mau berkicau walau di gantangkan di tempat yang ramai sekalipun.

Sponsored links

4. Sesuaikan tempat pakan, minum dan juga tenggeran dengan tepat

Di dalam membentuk mental kacer yang baik, sebaiknya jangan selalu merubah posisi penempatan tempat makan dan juga minum. Hal ini dikarenakan bakalan kacer masih dalam proses adaptasi dan belum terbiasa, sehingga kita harus membuat burung terasa nyaman berada di dalam sangkar. Sedangkan pada bagian tenggeran atau pijakan, sebaiknya pilih jenis tenggeran yang kuat dan pastikan tenggeran tidak goyang agar burung akan merasa nyaman berada di atas tenggeran. Selain itu, pilihlah tenggeran yang ukurannya pas dengan ukuran kakinya.

5. Lakukan uji mental

Setelah dirasa sudah ada perkembangan pada mental kacer yang anda latih, sebaiknya cobalah sesekali untuk di uji mentalnya dengan melakukan latihan Gathering/latber dengan bakalan kacer lainnya yang seusia dan masih sama-sama belajar. Hal ini bertujuan agar kemampuan bakalan kacer sepadan dan tidak ciut dengan lawannya, pastikan juga bakalan yang akan anda latih dalam keadaan sehat dan juga fit karena jika sedang tidak fit, bakalan kacer anda dapat mbagong. Perlu anda ingat, latihan ini hanya bertujuan untuk melatih dan menguji mentalnya dulu dan jangan terlalu di paksakan.

6. Sesekali tidak ada salahnya jika anda membawa bakalan ke arena kontes

Tujuan membawa bakalan kacer ke arena kontes atau perlombaan bukan untuk mengikuti lomba, tetapi sekedar untuk melatih mental bakalan kacer di tempat yang ramai dengan suara kicauan kacer yang sudah jadi dan sedang berlomba. Tetapi jangan terlalu dekat, gantangkan bakalan kacer dari kejauhan agar mentalnya semakin kuat dan terasah. Jika dari kecil sudah terbiasa berada di tempat ramai apalagi mendengar suara kicauan kacer lainnya, maka setelah dewasa nanti kacer anda pun akan sangat bagus dan memiliki kicauan yang lantang nan merdu. Tetapi jika anda tidak sempat untuk berkunjung ke arena kontes atau perlombaan, anda dapat memutar mp3 suara kicauan burung yang dapat anda download di internet.

7. Buat suasana nyaman

Upayakan suasana rumah anda nyaman untuk burung dan tidak membuat burung terganggu, hindari atau jauhkan dari kucing, anjing, ayam dan hewan pengganggu lainnya yang dapat membuat burung kaget dan dapat membuat mental bakalan ciut. Pada saat malam hari, sebaiknya sangkar ditutup dengan sarung sangkar yang terbuat dari kain, ini bertujuan agar waktu istirahat burung tidak terganggu dengan suasana sekelilingnya di malam hari.

Apakah informasi diatas dapat membantu anda? Nah, itulah beberapa tips agar kicau kacer bagus. Semoga info diatas dapat bermanfaat dan membantu anda dalam melatih bakalan kacer anda. Selamat mencoba dan semoga berhasil…

Artikel Terkait Tips Agar Kicau Kacer Bagus

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *