Temukan Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

By Categories : Manfaat

Manfaat buah nanas untuk kesehatan tubuh ada begitu banyak, salah satunya adalah membantu pencernaan di dalam tubuh. Buah yang memiliki kulit berduri tajam ini ternyata mengandung beberapa nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Rasanya yang segar karena mengandung banyak air membuat nanas sangat tepat untuk dinikmati di siang yang panas. Selain mengandung banyak air, nanas juga mengandung vitamin A, vitamin C, serta antioksidan yang begitu tinggi.Manfaat Buah Nanas

Nanas adalah buah yang tergolong mudah untuk didapatkan. Buah ini juga sangat mudah dijangkau oleh berbagai kalangan karena harganya yang relatif murah.

Manfaat Nanas Untuk Kesehatan Tubuh

Melancarkan Pencernaan

Salah satu manfaat buah nanas yang bisa kita dapatkan adalah membantu pencernaan makanan. Di daging buah nanas, terdapat enzim yang disebut dengan enzim bromelain. Enzim ini berfungsi untuk membantu pencernaan makanan di lambung dengan cara melunakkan makanan yang masuk ke dalam lambung. Selain itu, buah nanas juga bisa membantu mengatasi sembelit. Kandungan serat yang tinggi pada buah nanas membuat buang air besar menjadi lancar.

Melancarkan datang bulan

Manfaat buah nanas yang selanjutnya adalah untuk melancarkan datang bulan. Beberapa orang mempercayai bahwa wanita hamil tidak boleh mengkonsumsi buah nanas muda. Ini benar adanya karena buah nanas yang masih muda bisa berperan sebagai abortivum. Abortivum merupakan sejenis zat yang dapat meluruhkan dinding rahim dan bisa mengugurkan kandungan pada wanita hamil. Oleh karena itu nanas bisa membantu melancarkan datang bulan tapi sangat tidak disarankan untuk wanita hamil.

Menangkal radikal bebas

Nanas mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Antioksidan ini berfungsi untuk menangkal radikal bebas. Dengan menangkal radikal bebas, antioksidan dalam nanas bisa mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Selain itu nanas bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi peradangan yang ada di kulit. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengusapkan daging buah nanas yang sudah diparut ke ke permukaan kulit yang iritasi kemudian dibiarkan semalaman lalu dicuci dengan air.

Menjaga daya tahan tubuh

Nanas juga bisa digunakan untuk membantu menjaga kekebalan tubuh karena nanas mengandung asam amino non-esensial. Asam amino ini berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan menjaga energi tubuh tetap terjaga maksimal.

Mencegah batuk

Nanas bisa membantu mencegah penyakit batuk yang disebabkan karena demam atau flu. Kandungan vitamin C yang cukup tinggi dalam nanas memiliki khasiat untuk membentuk sistem pertahanan tubuh yang kuat sehingga bisa membantu mencegah batuk. Selain itu nanas memiliki bromealin yang bisa mengencerkan dahak akibat batuk sehingga bisa mempercepat proses penyembuhan jika batuk sudah terlanjur menyerang

Meredakan perut kembung

Sponsored links

Zat bromealin ini juga terbukti bisa meredakan perut kembung. Selain mengencerkan dahak, bromealin juga bisa mempercepat proses pemecahan makanan sehingga akan meredakan perut yang terasa penuh dan kembung.

Membantu menurunkan berat badan

Bagi mereka yang kelebihan berat badan maka konsumsi nanas secara teratur bisa menjadi solusi yang tepat. Ya, nanas terbukti mampu menurunkan berat badan dengan cara meminum sari buah yang didapatkan dari perasan daging buah nanas yang telah diparut. Untuk ramuan penurun berat badan ini, nanas yang digunakan adalah nanas yang belum matang yang rasa masamnya masih terasa kuat.

Mengurangi resiko terkena radang sendi

Kemudian, nanas bisa membantu mengatasi masalah pada sendi. Konsumsi nanas secara teratur telah terbukti bisa membantu mengurangi resiko terjadinya radang sendi atau meringankan radang sendi bila sudah terlanjur terjadi.

Memperkuat tulang

Nanas juga memiliki kandungan mangan yang bisa membantu proses pembentukan struktur tulang padat. Sehingga konsumsi nanas secara rutin dapat membantu memperkuat tulang.

Membantu mengobati penyakit beri-beri

Karena memiliki kandungan vitamin B yang cukup tinggi, maka nanas juga bisa dimanfaatkan sebagai obat penyakt beri-beri. Penyakit ini disebabkan karena kekurangan vitamin B sehingga dengan asupan buah nanas yang cukup maka diharapkan asupan vitamin B bisa terpenuhi dengan optimal.

Membantu mengobati asam urat / rematik

Nanas juga bisa membantu mengobati asam urat karena ada kandungan bromealin dan kalium yang bersifat diuretik sehingga efektif meredakan asam urat. Tetapi konsumsi nanas tetap harus dibatasi, karena kalau berlebihan malah akan memberi efek yang berlawanan yaitu meningkatkan kadar asam urat.

Nanas bisa dikonsumsi dengan berbagai cara. Bisa dimakan langsung, ditambahkan dalam masakan, atau juga bisa dibuat jus. Nanas yang dibuat jus dan diminum rutin setiap sebelum makan bisa membantu mengurangi rasa kembung di dalam perut. Selain itu, nanas bisa juga dinikmati dengan meminum air perasannya. Meminum air perasan nanas bisa membantu mengurangi berat badan. Masih ada banyak manfaat buah nanas yang bisa didapatkan, maka dari itu jangan ragu-ragu untuk rutin mengkonsumsi buah ini.

Artikel Terkait Temukan Manfaat Buah Nanas Untuk Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *