Temukan Manfaat Bawang Merah Sebagai Obat Berbagai Penyakit

By Categories : Manfaat

Manfaat bawang merah selama ini dikenal masyarakat hanya sebatas sebagai bumbu dapur dan digunakan untuk memasak. Bumbu dapur yang satu ini adalah jenis tanaman umbi-umbian yang dagingnya mengeluarkan sejenis gas tertentu ketika dipotong yang merangsang munculnya air mata dan membuat mata menjadi perih. Biasanya bawang merah dipakai dalam campuran suatu masakan untuk membuatnya menjadi semakin sedap. Ternyata bawang merah bukan hanya bisa dijadikan sebagai penyedap makanan tetapi juga bisa mengobati berbagai macam penyakit.Manfaat Bawang Merah

Ada beberapa macam manfaat bawang merah yang bisa kita dapatkan salah satunya adalah sebagai obat pada luka sengatan serangga. Rasa sakit dan panas yang diakibatkan oleh gigitan serangga bisa diredakan dengan menggunakan bawang merah. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengoleskan jus bawang merah atau bawang merah yang sudah ditumbuk halus ke bagian kulit yang mengalami luka sengatan. Selain mengobati luka sengatan, bawang merah bisa juga diaplikasikan ke kulit wajah untuk membantu meredakan jerawat. Caranya sama ketika dipakai untuk mengobati luka sengatan hanya saja ramuan untuk jerawat bisa ditambahkan madu dan minyak zaitun.

Bagi penderita diabetes mellitus, mulai sekarang sebaiknya rajin mengkonsumsi bawang merah. Bawang merah diketahui memiliki kandungan tolbutomid yang diketahui mampu mengendalikan kadar gula darah di dalam hati. Bawang merah juga akan membantu mengontrol kadar insulin di dalam tubuh. Selain itu, bawang merah juga dipercaya bisa meredakan rasa sakit di perut. Karena memiliki sifat sebagai anti inflamasi dan kandungan yang berfungsi sebagai anti bakteri maka bawang merah bisa membantu meredakan nyeri perut dan gangguan lambung yang lain.

Sponsored links

Sifat antibakteri dari bawang merah juga bisa dimanfaatkan untuk menjaga kebersihan rongga mulut. Mulut manusia pasti dipenuhi berbagai macam kuman dan akan bisa menyebabkan timbulnya berbagai penyakit mulut dan gangguan gigi kalau tidak dijaga kebersihannya. Oleh karena itu, untuk menjaga kebersihan dan kesehatan mulut ada baiknya untuk rutin mengunyah bawang merah yang mentah. Mungkin rasanya akan tidak enak di dalam mulut tapi mengunyah bawang merah akan membantu membunuh berbagai jenis bakteri dan kuman di dalam mulut. Mengkonsumsi bawang mentah ternyata juga bisa membantu mencegah terjadinya penggumpalan darah. Jadi biasakan saja mulai sekarang untuk mengunyah bawang mentah.

Masih ada banyak lagi manfaat yang bisa diperoleh dari mengkonsumsi bawang merah. Antara lain adalah bawang merah bisa digunakan sebagai obat cacing, menurunkan risiko kanker, meningkatkan daya tahan tubuh, membantu mengencerkan dahak, dan lain sebagainya. Untuk merasakan sendiri manfaat bawang merah, mulai sekarang belajarlah untuk mengkonsumsinya secara rutin.

Artikel Terkait Temukan Manfaat Bawang Merah Sebagai Obat Berbagai Penyakit

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *