Sekilas Tentang Alzheimer

By Categories : Kesehatan

Penyakit Alzheimer merupakan gangguan neurologis yang ditandai dengan penurunan daya ingat  secara bertahap dan perlahan-lahan.Pada awal gejalanya bisa jadi hanya mengalami kelupaan yang ringan. Penderita penyakit alzheimer tahap awal mungkin akan mengalami kesulitan mengingat nama-nama orang terdekatnya, kejadian atau kegiatan terakhir yang dialam. Apabila gejala-gejala tersebut muncul, akan sangat disarankan bagi penderita atau keluarganya untuk segera berkonsultasi kepada dokter ahli.

Alzheimer

Kemudian  Penderitapenyakit alzheimerpada tahap menengah dapat lupa cara melakukan berbagai kegiatan dasar, seperti menyisir rambut atau menyikat gigi. Pada tahap ini, penderita Alzheimer sudah tidak bisa berpikir jernih. penderita Alzheimer mulai bermasalah dalamberpikir, berbicara, membaca, dan menulis. Kemudian, akan muncul rasagelisah, cemas, atau agresif. Dan pada akhirnya, penderita Alzheimer akan membutuhkan perawatan total.

Sponsored links

Perlu dipahami bahwa alzheimer bukanlah penyakit yang menular, melainkan merupakan sebuah sindrom dengan apoptosis sel-sel otak padasaat yang hampir bersamaan, sehingga otak tampak mengecil dan mengerut.

Seiring dengan bertambahnya usia seseorang, makarisiko terkenaalzheimer juga akan meningkat. Berawal di usia 65 tahun, seseorang akan beresiko sebanyak lima persen mengidap penyakit alzheimerkemudian akan meningkat dua kali lipat setiap lima tahun. yang biasanya diikuti perubahan personality dan kemampuan untuk mengekspresikan diri. Hal ini terjadi karena adanya akumulasi gumpalan protein dan kekusutan serabut sel saraf padabagian otak yang mengakibatkan sel saraf di dalam otak mati dan tidak berfungsi.

Seseorang dengan riwayat keluarga pernah menderita alzheimer akan mempunyai potensi resiko yang lebih besar mengidap Alzheimer. Namun, sampai saat ini belum ada pengobatan yang bisa menyembuhkan Alzheimer secaras total,bisa dilakukan perawatan intensif pada penderita, namun hal tersebut hanya dapat mengurangi gejala penyakit Alzheimer.

Artikel Terkait Sekilas Tentang Alzheimer

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *