Perawatan Burung Kacer Agar Cepat Gacor

By Categories : Hewan

Apakah anda ingin burung kacer anda rajin berkicau? Lakukanlah cara perawatan burung kacer agar cepat gacor berikut ini secara rutin dan teratur setiap hari. Ketahui juga jenis burung kacer, sebelum saya membahas lebih jaun tentang topik yang akan saya bagikan kepada teman-teman semua, saya akan sedikit membahas mengenai asal usul dari burung kacer ini.

Burung Kacer di alam bebas

Burung Kacer di alam bebas

Jenis-Jenis Burung Kacer

Burung kacer merupakan salah satu jenis burung kicauan yang popular di Indonesia, burung yang memiliki suara indah ini merupakan jenis burung yang masuk kedalam family muscicapidae dan dalam family tersebut terbagi menjadi 3 jenis, diantaranya yaitu :

  1. Burung kacer hitam atau juga dikenal dengan burung kacer jawa, burung ini memiliki nama latin Copsychus sechellarum.
  2. Burung kacer poci atau lebih dikenal dengan nama sekoci, burung ijenis ini memiliki nama latin Copsychus saularis.
  3. Burung kacer madagaskar dengan nama latin Copsychus albospecularis.

Dari semua jenis burung kacer tersebut banyak tersebar dikawasan Asia dan termasuk Indonesia, burung ini adalah jenis burung paling popular di Indonesia karena memiliki bentuk, warna dan suara yang sangat menarik dan juga indah. Maka tak heran jika jenis burung ini banyak digemari dan termasuk salah satu jenis burung kicauan paling mahal di Indonesia.

Jika anda ingin memiliki burung kacer yang sudah jadi, sebaiknya anda membeli burung yang sudah jadi dan memilikikualitas suara yang bagus, sehingga anda tidak perlu susah payah untuk melatihnya dari anakan atau bakalan. Tetapi tentunya anda harus mengeluarkan kocek yang cukup mahal untuk mendapatkan burung kacer yang sudah gacor dan berkualitas.

Tetapi jika anda ingin memiliki burung kacer dengan suara bagus dan harga yang murah, sebaiknya anda merawatnya dari kecil dan membeli bakalan yang berkualitas bagus. Jika anda merasa bingung bagaimana cara melakukan perawatan burung kacer agar cepat gacor, anda dapat menyima dan mengikuti langkah-langkan dan perawatan yang akan saya bagikan kepada anda semua.

6 Perawatan Burung Kacer Agar Cepat Gacor

1. Jenis kelamin

Sebelum anda memelihara burung kacer, pastikan terlebih dahulu jika burung yang anda beli dari anakan berjenis kelamin jantan. Karena hanya yang kacer jantan yang dapat mengeluarkan kicauan yang bagus dan cepat gacor. Untuk membedakan dan mengenali jenis burung kacer jantan dengan kacer betina yaitu dengan melihat dari warna bulunya yang hitam mengkilap dan tegas, memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari betina dan juga ekornya lebih panjang dari kacer betina.

2. Pakan burung kacer

Setelah anda mendapatkan burung kacer jantan yang berkualitas, anda juga harus memperhatikan dari faktor pakan yang akan di konsumsi oleh burung anda. Berikan pakan harian seperti voer yang memiliki kandungan proteinnya cukup antara 12-18%, serta lengkapi dengan pakan tambahan lainnya seperti kroto, jangkrik dan ulat hongkong. Pemberian pakan tersebut dapat diberikan dengan takaran 2-3 ekor setiap pagi dan sore. Hal lain yang harus anda perhatikan juga yaitu, jangan lupa untuk selalu mengganti pakan dengan yang baru setiap harinya, jika masih banyak anda dapat membersihkan dan mencampurnya dengan yang baru.

3. Menjaga kebersihan kandang

Kebersihan kandang juga dapat menjadi faktor penentu dalam menjadikan burung kacer gacor, sebelum memberikan pakan baru, sebaiknya anda bersihkan dahulu kandang atau sangkar dari kotoran yang menumpuk pada alas sangkar. Karena jika dibiarkan terlalu lama dan menumpuk dapat menimbulkan bau dan menyebabkan burung terserang penyakit, lalu gantilah air minum dan pakannya. Selain itu, gunakan sangkar yang berukuran cukup besar dan luas sehingga burung kacer dapat bergerak bebas dan nyaman.

4. Memandikan dan menjemur

Setelah anda selesai membersihkan sangkar dan mengganti pakan serta air minumnya dengan yang baru, anda dapat memandikan bakalan kacer dengan menggunakan semprotan atau spray yang banyak dijual di tempat perlengkapan burung. Namun sebelum di mandikan, sebaiknya bakalan kacer dijemur terlebih dahulu minimal 15 menit dan kemudian dimandikan. Setelah selesai dimandikan, jemur kembali selama 2-3 jam dan gantangkan sangkar ditempat yang ramai agar mental bakalan kacer menjadi lebih kuat. Penjemuran sebaiknya dilakukan sekitar jam 8 pagi dan sesekali anda dapat memutar mp3 suara kicauan burung kacer yang telah jadi untuk melatih dan memancing bakalan kacer untuk berkicau. Setelah di jemus, burung di angin-anginkan terlebih dahulu minimal selama 10 menit sebelum di krodongkan.

5. Suasana nyaman

Upayakan suasana lingkungan senyaman mungkin untuk bakalan kacer, jauhkan dari hewan-hewan predator atau hewan besar seperti kucing, tikus, anjing, ayam dan sejenisnya yang dapat mengagetkan bakalan kacer. Hal ini dikarenakan dapat membuat mental burung menjadi lemah, sehingga menyebabkan burung sulit untuk dapat berkicau. Buatlah suasana senyaman mungkin, sehingga dapat menjadikan kacer cepat gacor dan memiliki mental yang kuat.

6. Uji mental

Tidak ada salahnya jika sesekali bakalan kacer anda di ajak untuk dibawa ke arena kontes burung, namun bukan berarti untuk di ikut sertakan dalam kontes melainkan untuk melatih metalnya agar lebih kuat dan terasah. Dengan sering mendengarkan banyak kicauan burung kacer lainnya, maka secara tidak langsung dapat membuat bakalan kacer yang kita latih mengikuti kacer-kacer lain yang sudah jadi. Namun jangan terlalu dekat apalagi sampai bersampingan, karena jika terlalu dekat malah dapat membuat mental bakalan kacer lemah. Jika ada teman anda atau saudara anda yang sama sama memelihara dan merawat bakalan kacer, anda dapat menyandingkannya asalkan usianya sama dan sama-sama belajar. Cara ini terbukti sangat amuh dan cepat membuat kacer menjadi gacor, tetapi anda jangan terlalu memaksakan agar cepat gacor, tetapi latih dengan pelan-pelan saja. Karena jika terlalu dipaksakan, bisa-bisa bakalan kacer anda melempem dan tidak mau berkicau.

Demikianlah sedikit pengetahuan yang dapat saya sampaikan kepada anda semua mengenai perawatan burung kacer agar cepat gacor, semoga apa yang telah saya sampaikan di atas dapat memberikan manfaat bagi para pemula dalam merawat burung kacer kesayangan teman-teman semua.

Terima kasih telah bersedia untuk membaca informasi ini sampai selesai, semoga bermanfaat da sampai jumpa pada kesempatan dan postingan bermanfaat lainnya.

Artikel Terkait Perawatan Burung Kacer Agar Cepat Gacor

Komentar Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *