Penyebab Pingsan Dan Hal Yang Harus Dilakukan

By Categories : Kesehatan

Awas jangan sepelekan pingsan! Ini dia penyebab pingsan yang harus diwaspadai dan hal-hal yang harus anda lakukan jika ada yang pingsan disekitar anda.

Saat menonton sinetron atau film, lalu melihat adegan yang diperankan artis kemudian tiba-tiba jatuh dan pingsan pastinya adegan tersebut menambah keseruan saat menonton. Namun hal ini berbeda halnya saat menimpa dalam kehidupan nyata pastinya anda akan merasa cemas.

Pingsan atau dalam dunia medis dikenal dengan nama syncope tentu saja hal ni patut diketahui mengenai penyebab dan perlu penangan yang serius.

Penyebab Pingsan

Pingsan saat upacara bendera

Seorang wanita pingsan saat upacara bendera di Palangkaraya

Mungkin anda bertanya mengapa bisa terjadi pingsan?

Pingsan dapat diartikan secara umum sebagai hilangnya suatu kesadaran yang bersifat sementara. Hal tersebut biasanya terjadi dikerenakan otak tidak menerima suplai oksigen, darah serta gula yang mencukupi. Tak hanya itu pingsan atau stncope dapat terjadi diakibatkan karena adanya gangguan impuls pada saraf di otak.

Selain itu, syncope juga bisa diakibatkan oleh karena tubuh adanya reaksi tubuh yang akan suatu pemicu terntu salah satunya contohnya misalnya stress emosional. Keadaan tersebut di dikenal dengan sebutan vasovagal syncope.

Sponsored links

Pada saat seseorang mengalami pingsang, maka dia akan jatuh dengan sendirinya, saat posisi berdiri menjadi posisi berbaring. Hal tersebut bisa membantu sirkulasi darah menuju otak menjadi lebih lancar, karena darah tidak perlu di pompa melawan arus (grafitasi). Pada beberapa kasusu seseorang yang sabar biasanya akan kembali sadar setelah beberapa menit.

Lalu apakah pingsan ini patut untuk dianggap serius?

Pada kasus kebanyakan dari pingsan tidak serius atau fatal. Hanya saja pingsan patut ditangani secara serius apabila terjadi pada keadaan denyut jantung yang tidak teratur , terjadi kejang, gula darah yang rendah, ehilangan tekanan darah secara tiba tiba / henti jantung.

Apakah yang dapat atau harus lakukan jika ada yang pingsan?

Jangan meniru cara agedan di film atau sinetron yang membangunkan orang pingsan dnegan cara ditampar atau dengan menyiprati air. Pada saat otak sudah mulai menerima kembali nutrisi yang cukup, maka ia yang pingsan bisa sadar kembali secara otomatis.

Beberapa hal yang harus di lakukan jika ada seseorang yang pingsan yaitu :

  • Pastikan terlebih dahulu bahwa area sekitar di penolong dan di si korban aman untuk mencari bantuan.
  • Hal kedua cek respon, cobalah anda ajak bicara jika tidak ada respon maka segeralah cari bantuan. Tapi pastikan anda memperhatikan kondisi si pasien dalam keadaan nyaman.
  • Segera mungkin cari pertongan kepada orange lain.
  • Cobalah untuk memeriksa jalan nfas pada si pasien, hal ini untuk memastikan bahwa tidak adanya suatu sumbatan pada jalan nafasnya.
  • Jangan lupa untuk memeriksa nfasnya, bila nafasnya tidak teratur, mulailah resusitasi. Apabila keadaan nafasnya baik, pastikan anda terus memperhatikan nafas dan periksa bagian tubuh apakah ada luka atau cedera.
  • Pastikan periksa denyut jantungnya. Umunya jika tidak ada nafas, maka dapat di asumsikan tidak ada juga denyut pada jantungnya. Mulailah untuk resusitasi jantung paru.

Nah demikianlah informasi sederhana mengenai pingsan yang memang sudah seharusnya jangan disepelekan!

Artikel Terkait Penyebab Pingsan Dan Hal Yang Harus Dilakukan

Sponsored Link
loading...
Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *