Penyebab Ketombe Ini Mungkin Ada Pada Diri Anda

By Categories : Tips Kecantikan

Penyebab ketombe dapat berasal dari beragam faktor. Ketombe dapat disebabkan oleh makanan, perlakukan kita yang salah terhadap kulit kepala, bahkan kondisi psikologis. Mengetahui apa saja yang dapat menjadi penyebab timbulnya ketombe jelas sangat penting untuk kita mengingat ketombe sendiri merupakan masalah yang begitu mengganggu. Dengan mengetahui faktor-faktor penyebab tersebut, kita dapat semaksimal mungkin menghindarinya sehingga tidak mengalami yang namanya berketombe. Atau, jika telanjur ada ketombe di kepala kita, kita bisa mengontrolnya agar tidak makin parah.

 penyebab ketombe

Penyebab KetombeFaktor Tindakan-Tindakan Salah

Penyebab ketombe dapat berasal dari kebiasaan kita yang salah dalam memperlakukan rambut dan kulit kepala. Penggunaan pengering rambut, membilas rambut tidak bersih, tidak menjaga kebersihan kulit kepala, dan penggunaan produk kosmetik rambut adalah beberapa tindakan yang dapat memicu timbulnya ketombe. Penggunaan pengering rambut akan membuat kulit kepala kering. Kulit kepala yang kering menjadikan sel kulit akan cepat mati, lalu menumpuk dan memicul timbulnya ketombe. Saat keramas pastikan Anda membilasnya dengan bersih. Sisa-sisa sampo yang menempel di kulit kepala juga dapat menjadi penyebab muncul ketombe. Rambut yang kotor karena jarang keramas atau akibat penggunaan kosmetik rambut yang meninggalkan residu adalah penyebab lain yang dapat membuat ketombe bersarang di kulit kepala kita.

Untuk mencegah ketombe menghiasi kulit kepala dan menjadi gangguan dalam hidup kita, tentu kebiasaan-kebiasaan buruk yang dapat memicu muncul ketombe ini harus kita hindari sebisa mungkin. Meninggalkan kebiasaan tidak baik dan menggantinya dengan perilaku yang sehat untuk mencegah timbulnya ketombe tentu jauh lebih mudah ketimbang mengatasi ketombe yang sudah telanjur datang. Apalagi, jika ketombe kondisinya parah.

Penyebab Ketombe–Faktor Makanan

Sponsored links

Penyebab ketombe ternyata juga dapat berasal dari faktor makanan. Makanan yang dipercaya memiliki korelasi erat dengan timbulnya ketombe, antara lain gorengan, makanan berkadar gula tinggi, susu dan produk olahannya, makanan pedas, dan makanan yang terlalu panas. Tidak sulit memahami mengapa gorengan dapat menyebabkan ketombe. Konsumsi gorengan yang berlebih akan merangsang produksi minyak di kulit kepala. Minyak yang berlebih di kulit kepala inilah yang akhirnya memicu munculnya ketombe.

Kadar gula yang tingga pada makanan akan membuat kondisi ketombe menjadi makin parah. Susu murni dan produk olahannya seperti keju da es krim, ternyata berdampak pada kekuatan rambut yang berkurang dan ketombe pun akan terpicu muncul karenanya.  Bagaimana dengan makanan pedas dan makanan yang terlalu panas? Sama seperti gorengan, makanan pedas juga merangsang produksi minyak yang berlebihan di kulit kepala. Sementara itu, ketika kita mengonsumsi makanan yang terlalu panas, tubuh kita akan melakukan penyesuaian suhu. Hal ini mempengaruhi kondisi tubuh dan kepala. Hinga ketombe pun akhirnya dapat muncul karena hal ini.

Penyebab Ketombe–Faktor Psikologis

Penyebab ketombe yang lain adalah faktor psikologis. Hati-hati dengan stres. Kondisi stres berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah dapat menyebabkan timbulnya ketombe.

Ketombe memang tidak berbahaya. Namun, kehadirannya sangatlah mengganggu. Maka, lebih baik kita menghindari penyebab ketombe semaksimal yang kita mampu.

Artikel Terkait Penyebab Ketombe Ini Mungkin Ada Pada Diri Anda

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *