Mencegah Penyakit Jantung Koroner

By Categories : Kesehatan

Mencegah lebih baik dari pada mengobati, obat jantung koroner yang mahal dan penanganan yang terlambat membuat penderita jantung koroner susah untuk disembuhkan.

Mencegah Jantung KoronerObat jantung koroner sangat kompleks karena penyakit jantung koroner berkaitan dengan berbagai penyakit lainnya. Penyakit jantung koroner tidak datang begitu saja, tapi biasanya diawali dengan berbagai penyakit lain seperti penyakit diabetes, darah tinggi, dan obesitas. Pada dasarnya, jantung koroner terjadi karena aliran darah pada jantung tersumbat sehingga cara kerja jantung sebagai pemompa darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu. Gangguan tersebut bisa terjadi karena terlalu banyak lemak dan kolesterol yang mengendap di dalam tubuh sehingga tidak dicerna dengan sempurna. Bisa juga terjadi pada orang yang mempunyai berat badan berlebih atau yang biasa disebut obesitas. Banyaknya lemak yang menumpuk di beberapa bagian tubuh membuat aliran darah tersumbat. Lemak-lemak di dalam tubuh menghimpit pembuluh darah sehingga jantung harus memompa darah lebih cepat.

Sponsored links

Penyakit jantung koroner disebabkan karena kebiasaan buruk seperti merokok, makanan yang tidak mencukupi kebutuhan gizi tubuh, terlalu sering begadang dan menghirup udara malam, dan polusi. Namun, merokok dan memakan makanan berlemak menjadi penyebab utama penyakit jantung koroner. Bagi kebanyakan pria, merokok adalah sebuah kewajiban yang harus dipenuhi. Apalagi bagi mereka yang mulai merokok sebelum umur 21 rentan menjadi perokok aktif seumur hidup mereka. Efek dari rokok memang tidak dirasakan secara langsung, tapi dalam jangka waktu yang lama. Nikotin yang terkandung dalam rokok akan terserap oleh darah ke seluruh tubuh. Pola makan yang tidak sehat akibat terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak juga bisa mengganggu cara kerja jantung. Orang yang gemuk cenderung malas untuk bergerak dan olah raga sehingga otot-otot jantung pun tidak bisa berfungsi secara maksimal. Obat jantung koroner sering terlambat dikonsumsi karena penyakit jantung koroner biasanya diketahui secara pasti karena diagnosa yang terlambat.

Obat jantung koroner tidak jauh berbeda dengan obat darah tinggi karena kedua penyakit tersebut berkaitan satu sama lain. Penderita jantung koroner disarankan untuk menjaga emosi agar tekanan darah tetap stabil sehingga tidak memicu kerja jantung berlebih karena tingkat emosi seseorang akan mempengaruhi jantung. Orang yang emosi akan membuat jantung memompa darah lebih cepat dari biasanya. Hal inilah yang mampu membuat pembuluh darah yang terhambat bisa pecah dan akan mengganggu system syaraf atau bahkan sampai terkena serangan jantung. Penderita jantung koroner juga harus merubah pola makan yang lebih sehat sehingga apa yang dimakan mampu diserap tubuh dengan baik. Pola makan yang sehat bisa dimulai dengan mengurangi jumlah karbohidrat dan lebih memperbanyak asupan vitamin dan protein yang terkandung dalam sayuran, buah-buahan, dan ikan. Mencegah penyakit jantung koroner dengan mengkonsumsi makanan sehat lebih baik dari pada harus minum obat jantung koroner.

Artikel Terkait Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *