Gejala-Gejala Penyakit Jantung Bawaan (PJB)

Gejala-Gejala Penyakit Jantung Bawaan – Ketahui juga jenisnya. Apakah anda pernah mendengar ada bayi yang lahir dengan kondisi “jantung bocor”, posisi jantung di kanan, mengalami kelainan pada katup jantung bayi dan lain sebagainya. Di dalam dunia medis, beberapa kelainan tersebut termasuk dalam kategori penyakit jantung bawaan (PJB) atau juga dikenal dengan istilah lain sebagai penyakit kongenital.

Penyakit jantung bawaan ini dapat terjadi pada saat janin mash berada di dalam kandungan, kelainan tersebut dapat disebabkan oleh pembentukan dan perkembangan pembuluh darah atau organ jantung yang tidak sempurna dan juga dapat disebabkan oleh adanya kelainan pada posisi jantung serta pembuluh darah yang ada di sekitarnya.

Penyakit jantung bawaan ini manjadi salah satu faktor utama kematian pada bayi yang mengalami kelainan bawaan tersebut pada satu tahun pertama kehidupannya. Kelahiran bayi yang mengalami cacat jantung di Indonesia mencapai hingga 45.000 bayi setiap tahunnya.

Penyakit Jantung Bawaan

Penyakit jantung bawaan ini terdiri dari beberapa jenis. Secara garis besar, kelainan pada jantung atau PJB ini dibagi menjadi dua kategori yaitu tipe PJB sianotik (berwarna biru) dan juga tipe PJB asianotik (tidak berwarna biru). Pada tipe sianotik ini dapat mengacu pada terjadinya perubahan warna kulit dan selaput lendir yang terutama dibagian bibir, lidah serta di ujungkuu yang menjadi berwarna kebiruan. Kondisi ini dapat disebabkan oleh karena tubuh mengalami kekurangan oksigen dalam darah. Sedangkan pada tipe PJB asianotik tidak ditemukannya perubahan warna pada kebiruan, sehingga para orang tua banyak yang tidak menyadari bayinya memiliki kelainan pada jantungnya.

Waspadai Gejala Penyakit Jantung Bawaan

Pada bebeapa bayi terkadang tidak menunjukan adanya gejala berat dan bahkan tanpa adanya gejala sama sekali, tetapi pada kasus lainnya dapat menimbulkan gejala yang cukup berat pada saat setelah bayi tersebut lahir. Sebagian juga ada yang mulai muncul gejala-gejala tersebut setelah bayi tumbuh dewasa, gejala yang timbul dapat bervariasai seperti :

Berikut ini merupakan beberapa gejala penyakit jantung bawaan, diantaranya yaitu :

  • Berat badan sulit untuk bertambah
  • Sering mengalami infeksi pada saluran pernafasan
  • Merasa sesak setiap menyusu atau melakukan aktivitas
  • Jantung berdebar sampai timbul kebiruan pada kuli dan disertai dengan kejang-kejang.

Jika bayi atau anak anda terdeteksi memiliki kelainan PJB, sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan ke rumah sakit agar segera mendapatkan penanganan medis karena semakin cepat mendapatkan penanganan, kemungkinan besar kelainan tersebut dapat segera diatasi dengan baik. Pada saat ini, perkembangan teknologi kedokteran sudah semakin berkembang, sehingga para penderita kelainan PJB ini memiliki kesempatan untuk hidup hingga dewasa lebih besar. Hal ini dikarenakan, saat ini penderita PJB dapat dilakukan operasi jantung dari masih bayi, sehingga kesempatan untuk sembuh sangat besar.

Seseorang yang menderita PJB bukan lagi penghalang untuk dapat meraih impian menuju kesuksesan, dari ratusan ribu penderita PJB dapat bertahan hidup hingga dewasa dan melanjutkan sekolah sampai ke perguruan tinggi dan bahkan sampai mendapat sebuah pekerjaan yang menjadi impian mereka. Untuk itu, janganlah putus asa dan teruslah berjuang, karena tidak ada yang tidak mungkin jika tuhan sudah menghendaki.

Baca juga cara menegah penyakit jantung koroner

Demikianlah sedikit ulasan yang dapat saya sampaikan, semoga ulasan diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Demikian ulasan mengenai Gejala-Gejala Penyakit Jantung Bawaan (PJB) yang dapat sobat baca dan simak di InfoUnik.Org! Semoga dengan adanya informasi mengenai "Gejala-Gejala Penyakit Jantung Bawaan (PJB)" tersebut dapat memberikan informasi lebih lanjut. Selalu kunjungi website InfoUnik.Org unuk mendapakan Info Unik Ulasan Foto dan Gambar Unik Menarik secara online yang lebih lengkap dan terdepan.

Gejala-Gejala Penyakit Jantung Bawaan (PJB)