Tanaman Obat Herbal Yang Dapat Mengatasi Diabetes

By Categories : Kesehatan

Obat herbal diabetes lebih aman dikonsumsi daripada penggunaan obat-obatan dengan kandungan senyawa kimia. Selain itu, obat herbal diabetes juga kebih mudah dalam pengolahannya. Diabetes merupakan penyakit yang terjadi karena meningkatnya kadar gula, akibatnya terjadi gangguan sistem metabolisme dalam tubuh. Organ tubuh yang terganggu adalah pankreas, organ tersebut sudah tidak mampu memproduksi hormon insulin untuk memenuhi kebutuhan tubuh. hormon insulin dalam tubuh berfungsi untuk menjaga keseimbangan kadar gula dalam darah. Dengan berkurangnya hormon insulin dalam tubuh menyebabkan glukosa tidak dapat diserap oleh tubuh. Dengan demikian glukosa akan terus meningkat di dalam darah menyebabkan penyakjit diabetes.

Penyebab dari diabetes secara umum adalah pola hidup yang tidak sehat, seperti kurang beraktifitas, kurang beristirahat, stress dan kebiasaan merokok serta mengkonsumsi minuman beralkohol. Gejala-gejala diabetes yang sering muncul adalah merasa haus secara berlebihan (sering minum), cepat merasa lelah, sering buang air kecil dan tubuh merasa lemas karena berkurangnya produksi insulin.

Obat Herbal Diabetes

Berikut ini merupakan beberapa tanaman yang berkhasiat sebagai obat herbal diabetes, yaitu:

Buah Pare Obat Herbal Diabetes

 1. Buah Pare 

Manfaat Buah Pare untuk diabetes. yang memiliki rasa pahit yang khas ini telah lama diketahui sebagai buah yang berkhasiat bagi kesehatan tubuh dan salah satunya dapat berfungsi sebagai buah antidiabetes. Buah pare yang belum masak banyak mengandung saponin, flavonoid dan polifenol (antioksidan kuat) serta glikosida kukurbitasin, momordisin dan karantin. Dalam beberapa penelitian telah diketahui bahwa efek pare dalam menurunkan kadar gula darah adalah dengan cara mencegah usus menyerap gula yang dimakan. Selain itu pare juga mempunyai senyawa yang mirip sulfonylurea. Obat yang mengandung senyawa ini dapat menstimulus sel  pankreas tubuh untuk memproduksi insulin lebih banyak.

Sponsored links

Cara prenggunaan buah pare sebagai obat herbal diabetesyaitu dengan cara mengkonsumsi 50-60 ml jus buah pare sehari, dan tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi lebih dari itu karena dapat mengakibatkan sakit perut.

Obat Herbal Diabetes - Bawang Putih dan Bawang Merah

2. Bawang Merah  dan Bawang Putih

Manfaat Bawang merah dan bawang putih untuk diabetes. Biasa dikenal sebagai bahan penyedap dan bumbu dapur ternyata juga mempunyai khasiat untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Senyawa alicin dalam bawang dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah, meskipun tentunya senyawa lain seperti flavonoid juga ikut berperan. Ekstrak bawang merah juga diketahui dapat menurunkan kadar gula dalam darah,  bawang dapat dikonsumsi dengan memakannya langsung.  Jadi mengkonsumsi bawang merah ataupun bawang putih secara teratur sangatlah dianjurkan bagi para penderita diabetes.

Sangat penting bagi anda kiranya sebelum mencoba pengobatan dengan obat-obatan kimia, cobalah dahulu obat herbal diabetes karena bisa menjadi alternatif yang patut untuk dicoba.

Artikel Terkait Tanaman Obat Herbal Yang Dapat Mengatasi Diabetes

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *