Tanaman Untuk Obat Herbal Asam Urat

By Categories : Kesehatan

Obat herbal asam urat mulai banyak dilirik oleh masyarakat karena berasal dari bahan-bahan alami yang tidak menimbulkan efek samping, serta bebas kandungan senyawa kimia yang dapat membahayakan tubuh. Selain itu obat herbal asam urat juga relatif mudah ditemukan dan dapat diolah dengan sederhana.

Secara alami sebenarnya tubuh kita menghasilkan asam urat sebagai hasil dari proses  metabolisme tubuh.   Asam urat merupakan produk buangan dari sirkulasi dalam darah, dan merupakan hasil penguraian zat purin. Kemudian. sewaktu asam urat menumpuk, ini biasanya karena pembuangan air seni yang tidak lancar lalu terbentuklah kristal tajam seperti jarum pada bagian persendian.Obat herbal asam urat

Penyakit ini masih dapat disembuhkan, akan tetapi penanganannya harus dilakukan dengan baik jika tidak maka penyakit asam urat akan semakin sering kambuh. Gejala-gejala yang sering muncul diantaranya: sering merasa nyeri pada bagian persendian terutama saat pagi dan sore hari dan kesemutan. Para penderita asam urat juga berpotensi terkena penyakit ginja (gagal ginjal) dan hipertensi.

Untuk mengurangi resiko terkena asam urat sebaiknya dimulai dengan menerapkan  pola hidup sehat, rutin berolah raga dan menjaga pola makan. Menjaga pola makan penting untuk dilakukan karena merupakan salah satu usaha untuk mencegah penumpukan purin berlebih  yang dapat menyebabkan asam urat. Perbanyak juga mengkonsumsi air putih serta buah dan sayur, kecuali buah tertentu yang bersifat panas seperti durian. Sebaliknya kurangi konsumsi daging merah. Jeroan dan seafood yang mengandung protein terlalu banyak karena  dapat memicu kelebihan zat purin.

Namun apabila anda sudah terkena penyakit asam urat, maka obat-obatan herbal berikut ini patut anda coba.

  1. Daun salam

Daun yang mudah ditemukan di pekarangan rumah ini  dikenal luas sebagai bahan penyedap makanan. Tapi tahukah anda bahwa daun salam pun dapat digunakan sebagai obat herbal asam urat?. Kandungan senyawa alami seperti: minyak atsiri, tannin  serta minyak esensial danekstrak metanol yang dikandung daun salam juga bermanfaat dalam mengobati penyakit asam urat.

Sponsored links

Cara mengolah daun salam menjadi obat herbal asam uratyaitu dengan merebus sekitar 10–15 lembar daun salam segar ataupun kering dengan 3 gelas air. Rebus hingga hanya tersisa satu gelas, lalu minum air rebusan daun salam dua kali dalam sehari masing-masing setengah gelas.

  1. Sambiloto

Daun sambiloto memiliki rasa pahit,  dan bersifat dingin. Daun sambiroto  mengandung senyawa laktone yang berfungsi sebagai Anti-bakteri, antiradang, penghilang nyeri (analgesik), pereda demam (antiperik), dan penawar racun (detoksikasi)

Dari berbagai penelitian yang telah dilakukan di dalam maupun di luar negeri, telah ditemukan bahwa adanya kandungan zat androgapholid aktif yang sangat bermanfaat untuk pengobatan termasuk untuk penyakit asam urat

Cara mengolah daun sambiroto menjadi obat herbal asam uratyaitu dengan mencuci bersih 5-10 lembar daun sambiroto kemudian rebus dengan 3 gelas air sampai tersisa 1 gelas air. Minum air rebusan daun sambiroto 3 kali sehari, diminum 1 jam sebelum makan, atau 2 jam sesudah makan.

Untuk mengobati asam urat, obat herbal asam urat datas bisa dicoba

Artikel Terkait Tanaman Untuk Obat Herbal Asam Urat

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *