Merawat Kulit Kering Pada Wajah

By Categories : Tips Kecantikan

Cara merawat kulit kering pada wajah–Kulit wajah yang kering tentu tidak diinginkan oleh siapa pun. Semua orang tentu mendambakan kulit wajah yang normal dan tanpa masalah sehingga selalu terlihat bersih, halus, kencang, sehat, segar, dan cemerlang. Apa sebenarnya masalah yang dapat ditimbulkan oleh kulit kering sehingga orang yang kulitnya termasuk kategori ini bisa sedemikian jengkel? Lalu, jika kulit wajah kita ternyata termasuk jenis kulit kering, apa yang dapat dilakukan?

merawat kulit kering

Kulit kering sangat tidak disukai karena kulit jenis ini memiliki karakteristik, antara lain kering, mudah timbul keriput, kusam, pecah-pecah, bersisik, dan terasa kaku. Kulit yang sangat kering bisa juga terasa perih. Dengan karakteristik seperti ini, tentu saja kulit kering menjadi tidak sedap dipandang mata. Orang dengan kulit wajah yang kering biasanya terlihat lebih tua dari usianya karena keriput yang mudah timbul dan tekstur yang bersisik. Itulah sebabnya, pemilik kulit kering kerap kali merasa tidak percaya diri. Agar kondisi kulit wajah yang kering tidak makin menurun, maka mereka yang mengalami masalah ini haruslah telaten menerapkan cara merawat kulit kering pada wajah tepat.

Sponsored links

Perawatan kulit wajah yang kering dapat dimulai dengan sebisa mungkin menghindari faktor-faktor penyebabnya agar kulit tidak bertambah kering. Penyebab kulit wajah yang kering, antara lain penggunaan obat-obatan tertentu, keturunan (genetik), cuaca, usia, kekurangan nutrisi, berada di ruangan ber-AC, dan penggunaan sabun wajah yang tidak cocok. Beberapa faktor penyebab kulit wajah kering memang tidak dapat dikontrol, seperti usia, cuaca, dan keturunan. Namun, faktor-faktor lain masih dapat dihindari meskipun tidak seratus persen. Namun, setidaknya kita bisa mengurangi paparan faktor-faktor tersebut pada diri kita.

Setelah upaya seoptimal mungkin mengurangi pengaruh faktor-faktor yang dapat membuat kulit wajah kita makin kering, cara merawat kulit kering pada wajah harus kita ikuti dengan langkah-langkah berikut ini.

  1. Hindari membersihkan kulit wajah terlalu sering sebab kandungan kimia sabun yang digunakan untuk membersihkan wajah dapat membuat kulit makin kering.
  2. Jangan pernah melupakan pelembap. Selalu gunakanlah pelembap khusus untuk kulit setelah mandi. Namun, lebih sering menggunakan pelembap, lebih bagus.
  3. Selalu menggunakan tabir surya setiap kali akan beraktivitas di luar ruangan. Paparan sinar matahari dapat membuat kulit wajah makin kering dan kusam. Jadi, kulit harus dilindungi dari pengaruh buruk sinar matahari menggunakan tabir surya.
  4. Banyak mengonsumsi air putih. Konsumsi air putih yang banyak akan membantu mempertahankan kelembapan kulit. Sebaliknya, asupan air putih yang kurang dapat menyebabkan kulit kurang terhidrasi sehingga makin kering.
  5. Jangan menggosok kulit wajah dengan keras karena akan merusak atau menghilangkan kandungan minyak alami yang terdapat di dalam kulit.
  6. Hindari penggunaan kosmetik yang mengandung alkohol karena alkohol juga akan membuat kulit bertambah kering.
  7. Perbanyak konsumsi buah dan sayur. Buah dan sayur kaya akan air dan vitamin yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan kulit.

Demikianlah cara merawat kulit kering pada wajah yang dapat kita lakukan dengan mudah, tetapi mampu memberikan hasil yang optimal jika dilakukan secara rutin.

Artikel Terkait Merawat Kulit Kering Pada Wajah

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *