Merasakan Sendiri Manfaat Binahong Untuk Kesehatan

By Categories : Manfaat

Manfaat binahong sebagai obat untuk berbagai jenis penyakit membuat masyarakat mulai tertarik untuk memiliki tanaman obat ini di halaman rumah mereka. Binahong merupakan salah satu jenis tanaman obat yang tumbuh merambat dan bisa dimanfaatkan bagian daun, batang juga umbinya. Binahong diketahui bisa mengobati berbagai jenis penyakit karena ada banyak kandungan zat-zat penting seperti di antaranya adalah antioksidan, asam askorbat, kandungan fenol yang tinggi, dan protein. Penggunaan zat-zat penting ini untuk mengobati berbagai jenis penyakit telah banyak diketahui oleh masyarakat.

Tentu saja, karena sudah ada banyak informasi yang bisa memandu seseorang untuk menggunakan binahong sebagai obat.

Sponsored links

Manfaat Binahong

Manfaat Binahong untuk Kesehatan

  1. Manfaat binahong yang pertama bisa didapatkan dari daunnya. Daun binahong diketahui bisa digunakan untuk mengobati luka berdarah pada kulit. Luka berdarah bisa disebabkan oleh goresan atau karena terjatuh. Caranya sangat mudah yaitu dengan menghaluskan daun binahong kemudian dioleskan kepada bagian kulit yang luka.
  2. Selain itu, daun binahong juga bisa digunakan untuk mengobati jerawat dengan cara yang sama seperti ketika daun binahong digunakan untuk mengobati luka berdarah yakni dengan mengoleskan daun binahong yang sudah dihaluskan ke bagian kulit yang berjerawat.
  3. Bukan hanya daunnya saja yang bisa dipakai sebagai obat, tetapi umbi binahong juga terbukti bisa dipakai untuk mengobati berbagai gangguan kesehatan seperti di antaranya adalah maag, typus, dientri, asam urat, sakit pinggang, bahkan bisa membantu menurunkan resiko terjadinya penyakit stroke. Caranya penggunaannya sangat mudah yaitu dengan merebus umbi binahong yang sudah dicuci bersih kemudian disaring dan air rebusannya diminum sebanyak dua sampai tiga kali sehari. Untuk yang ingin menambahkan rasa, bisa dengan memberikan sedikit madu. Air rebusan umbi binahong ini juga bisa membantu meningkatkan stamina tubuh dengan menambahkan telur kemudian diminum seperti biasa.
  4. Bukan hanya digunakan untuk mengobati penyakit ringan dan pemakaian luar saja, tapi binahong juga bisa digunakan sebagai obat berbagai penyakit dalam. Salah satunya adalah binahong bisa dipakai untuk mengobati penyakit kencing manis. Cara penggunaannya adalah dengan merebus daun binahong kemudian air rebusannya disaring dan diminum setiap hari secara rutin.
  5. Penyakit berikutnya yang bisa diobati dengan binahong adalah darah rendah atau hipotensi. Cara penggunaannya juga sama yakni dengan meminum air rebusan daun binahong secara rutin setiap hari.
  6. Bukan hanya itu, air rebusan daun binahong juga bisa membantu mengobati radang ginjal, gatal-gatal, sesak napas, desentri, ambeien, mimisan, dan masih banyak lagi yang lain.

Mengingat ada begitu banyak manfaat binahong yang luarbiasa dalam kesehatan khususnya untuk mengobati berbagai penyakit, maka tidak ada salahnya untuk meluangkan sedikit tempat untuk menanam tanaman obat yang satu ini di halaman rumah.

Artikel Terkait Merasakan Sendiri Manfaat Binahong Untuk Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *