Menjaga Kesehatan Wanita Usia Subur Penting

By Categories : Kesehatan

Kesehatan wanita usia subur berkisar 20 sampai 45 tahun sangat penting untuk diperhatikan. Terutama oleh para wanita. Wanita pada usia subur tersebut biasanya merupakan wanita produktif dalam dunia kerier juga. tertalu sibuk terhadap perkejaan maka para wanita tercenderung melupakan harus menjaga kesehatan selama usia subur.

Kesehatan wanita usia subur

Sponsored links

Selama usia subur sebisa mungkin para wanita menghindari kegiatan – kegiatan yang akan membahayakannya, karena selama masa subur peluang terjadinya kehamilan akan tinggi. Masa subur harus dimanfaatkan oleh para pasangan yang ingin memperoleh keturunan. Namun terkadang saking sibuknya bekerja kesempatan ini sering terlewatkan. Bagi anda para wanita yang sibuk dan berada dalam usia subur anda harus memperhatikan hal – hal berikut ini :

  1. Anda terbiasa manyantap makanan karbohidrat dalam jumlah banyak. Maka saat ini anda harus terbiasa menyantap makanan yang memiliki gizi seimbang. Jangan terlalu banyak kandungan karbohidrat agar tenaga yang keluar dengan cadangan energi dalam tubuh seimbang. Sehingga tidak terjadi kegemukan.
  2. Selama masa usia subur sebisa mungkin menghindari makanan yang menganduk banyak lemak. Lemak sebagai pemicu kolesterol harus dihindari atau diminimalisir jumlah asupan yang masuk kedalam tubuh. Pastikan kadar lemak dalam tubuh hanya 30% saja dibandingkan zat lain. Anda juga ahrus menghindari olehan makanan fast food. Kolesterol yang tinggi akan mengganggu kesehatan, dan pada akhirnya akan menganggu kesehatan masa subur.
  3. Anda penikmat dan ceinta makanan awetan, maka selama masa usia subur sebisa mungkin anda menghindari makanan jenis ini. makanan segar kaya akan nutrisi lebih anda butuhkan. Makanan awetan yang sebisa mungkin dihindari adalah mie instant berbagai merek, berbagai jenis minuman kaleng, snack dengan kandungan bumbu masak yang kimia yang terlalu tinggi dan berbagai jenis makanan awetan lainnya.
  4. Mulai biasakan mengonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi baik. Seperti buah dan sayur. Buah dan sayur, terutama sayuran hijau. Nutrisi ini akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Jika anda ingin makan maka olah sayur hijau segar tanpa bumbu micin ataupun bumbu penyedap lainnya. semakin banyak nutrisi baik yang masuk kedalam tubuh maka tubuh semakin kuat dan sehat. Sehatnya tubuh akan sangat berpengaruh terhadap reproduksi wanita.
  5. Rajin berolahraga, olahraga teratur ternyata memberi dampak baik selama masa subur. Wanita menjadi lebih bugar, proses reproduksi menjadi lebih baik. Olahraga selama satu jam tiga kali dalam seminggu akan langsung terasa efeknya didalam tubuh kita.

Selama masa usia subur, kesehatan wanita usia subur dapat dilakukan dengan mengatur pola hidup yang dijalani. Mulai rutinitas kegiatan seperti olahraga dan pekerjaan harian. Serta menjaga pola makan agar nutrisi baik pendukung kesehatan saja yang dimiliki oleh tubuh.

Artikel Terkait Menjaga Kesehatan Wanita Usia Subur Penting

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *