Mengungkap Manfaat Sholat Dhuha Yang Kadang Terlupakan

By Categories : Manfaat

Manfaat sholat Dhuha terkadang tidak menjadi perhatian oleh beberapa orang. Banyak yang berpikir bahwa karena hukumnya sunnah maka sholat Dhuha tidak terlalu penting untuk dilaksanakan. Padahal ada beberapa keutamaan dari sholat Dhuha, selain itu ibadah ini juga memberikan banyak manfaat. Sebelum mengetahui manfaatnya, terlebih dahulu kita harus memahami apa itu sholat Dhuha. Sholat Dhuha adalah sholat sunah yang dilakukan ketika matahari naik sepengalah, yaitu pada waktu antara jam 8 pagi sampai mendekati waktu sholat Dhuhur. Sholat Dhuha dipercaya sebagai waktu yang tepat bagi seseorang untuk berdoa dan meminta kepada Allah.Manfaat Sholat Dhuha

Ada banyak manfaat sholat Dhuha yang bisa kita dapatkan ketika kita melaksanakannya secara teratur setiap hari. Dalam salah satu hadis, disebutkan bahwa sholat Dhuha akan membuka pintu rezeki bagi mereka yang melaksanakannya dengan teratur. Selain itu, sholat Dhuha juga membantu kita untuk meminta ampunan kepada Allah. Lewat melaksanakan sholat Dhuha secara teratur setiap hari maka Alalh akan mengampuni dosa-dosanya. Ini sudah tertulis dalam sebuah hadis riwayat Turmudzi yang berbunyi, “Siapapun yang melaksanakan shalat Dhuha dengan langgeng, akan diampuni dosanya oleh Allah, sekalipun dosa itu sebanyak busa lautan.”

Manfaat Sholat Dhuha Bagi Orang Islam

Sponsored links

Sholat Dhuha adalah waktu yang tepat bagi seseorang untuk mengucapkan doa dan memanjatkan harapan kepada Allah. Ketika sebagian besar orang sibuk dengan aktivitasnya, maka kita harus bisa menyempatkan diri untuk sholat dan memanjatkan doa kepada Allah. Di waktu inilah seseorang bisa berhubungan dengan Allah dan memanjatkan segala macam doa. Sholat Dhuha akan menambah waktu berdoa kita, yang bukan hanya lima kali dalam sehari tapi juga bertambah lagi dengan adanya sholat sunah ini.

Bukan hanya manfaat spiritual yang bisa kita dapatkan dengan melakukan sholat Dhuha. Secara medis, sholat Dhuha diketahui banyak memberikan manfaat untuk kesehatan. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwa gerakan-gerakan dalam sholat bisa membantu memperkuat otot dan tendon serta sendi. Selain itu sholat juga akan membantu menjaga kesehatan sistem kardiovaskuler dan membuat peredaran darah menjadi lancar. Dengan begitu, kita bisa melakukan sholat Dhuha secara teratur dan mendapatkan tubuh yang jauh lebih sehat karenanya. Bukankah tidak ada ruginya kalau hanya menyisihkan beberapa menit saja untuk mendekatkan diri pada Allah sekaligus bisa mendapatkan keuntungan bagi kesehatan?

Sholat Dhuha memang bukan ibadah wajib yang harus kita laksanakan tanpa ada permisi. Akan tetapi tidak ada salahnya untuk melaksanakan ibadah ini. Selain bisa lebih dekat dengan Allah, hati akan menjadi lebih tenang dan juga tubuh bisa menjadi lebih sehat. Dengan adanya manfaat sholat Dhuha ini, semoga kita menjadi lebih rajin lagi untuk melaksanakannya secara rutin setiap hari.

Artikel Terkait Mengungkap Manfaat Sholat Dhuha Yang Kadang Terlupakan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *