Mengungkap Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Manfaat

Manfaat madu untuk kesehatan tubuh sudah dikenal sejak lama, seiring dengan dikenalnya produk manis dari lebah ini. Madu dikenal sebagai pemanis yang diserap tubuh secara lambat sehingga menghindarkan dari terjadinya lonjakan kadar gula yang drastis dalam tubuh. Selain digunakan sebagai pemanis, madu ternyata juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Madu mengandung vitamin, mineral, beberapa jenis enzim, dan asam amino. Zat-zat yang dikandung madu ini memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan, sehingga menguntungkan bagi kita yang mengonsumsinya.

Manfaat Madu untuk Kesehatan

Madu kaya akan polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan. Kandungan polifenol ini menyebabkan manfaat madu untuk kesehatan semakin terlihat. Polifenol ini akan memperlambat atau mencegah proses oksidasi dan menetralisir radikal bebas yang dapat menghambat proses penuaan dan mampu mencegah beberapa penyakit. Semakin gelap warna madu, maka antioksidan yang dimiliki semakin banyak. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa madu sangat efektif dalam mencegah gangguan pada sistem pencernaan yang disebabkan oleh bakteri seperti tukak lambung, gastritis, atau gastroenteritis. Selain itu madu juga mampu memberikan efek menenangkan bagi yang mengonsumsi. Rasa manisnya yang alami dan teksturnya yang lembut akan memberikan rasa tenang dan menghilangkan stress. Jadi ada baiknya kalau kita memulai hari kita dengan satu sendok madu setiap pagi.

Manfaat Madu Untuk Kesehatan Daya Tahan Tubuh Manusia

Menjaga daya tahan tubuh adalah hal yang harus diperhatikan khususnya bagi orang-orang dengan aktivitas yang padat. Madu bisa dijadikan pilihan untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Madu juga bisa menjadi alternatif bahan pemanis bagi yang ingin mengurangi berat badan. Penggunaan madu untuk memberikan rasa manis pada teh tidak akan menimbulkan kenaikan berat badan. Bagi penderita insomnia, mengonsumsi madu bisa membantu mempercepat reaksi kantuk dan membuat tidur semakin nyenyak. Madu juga bisa diberikan bagi penderita batuk dengan mencampurkan madu dan jus lemon hangat lalu diminumkan setiap 2 jam. Untuk penderita maag, sebelum makan sebaiknya mengonsumsi satu sendok teh madu supaya kondisi lambung lebih kuat untuk menerima makanan. Selain bisa dikonsumsi, madu juga dapat dimanfaatkan untuk penggunaan di luar tubuh. Manfaat madu sebagai pencegah infeksi banyak digunakan untuk menyembuhkan luka seperti luka bakar. Madu berfungsi untuk mencegah infeksi karena memiliki sifat antiseptik.

Sponsored links

Baca juga:

Untuk sehat tidak harus menderita. Banyak yang berpikir bahwa menjaga kesehatan itu harus dengan makanan-makanan yang tidak enak. Madu menjadi solusi bagi yang berpikir demikian. Selain bisa menikmati rasanya yang manis dan enak, dengan mengonsumsi madu kita juga bisa mendapatkan tubuh yang sehat. Demikian manfaat madu untuk kesehatan yang bisa kita ambil agar selalu sehat dan segar setiap hari.

Artikel Terkait Mengungkap Manfaat Madu Untuk Kesehatan Tubuh

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *