Mengungkap Manfaat Hutan Bagi Kehidupan

By Categories : Manfaat

Manfaat hutan sekarang ini sedikti terlupakan oleh masyarakat dunia. Banyak di antara mereka yang tidak memiliki kesadaran yang cukup tinggi terhadap pentingnya hutan. Ini dibuktikan dengan semakin maraknya pembakaran hutan dan penebangan pohon-pohon di hutan untuk kepentingan produksi. Padahal, hutan memiliki begitu banyak manfaat yang sangat penting untuk terus berlangsungnya kehidupan di bumi. Hutan bagaikan jantungnya bumi yang akan memberikan aliran darah ke seluruh penduduk di setiap sudut bumi. Hutan juga bisa diibaratkan sebagai paru-paru dimana akan memberikan napas untuk setiap manusia yang menempati bumi.

Manfaat Hutan

Bukan hanya sebagai hiasan, hutan adalah salah satu faktor penting dalam keberlangsungan hidup manusia di dunia. Manfaat hutan yang paling utama adalah menyediakan ruang hijau yang akan memproduksi lebih banyak oksigen bagi kepentingan seluruh umat manusia yang hidup di bumi. Pohon-pohon di hutan bekerja melakukan fotosintetis yang akan menghasilkan oksigen untuk kepentingan hidup manusia. Bayangkan saja jika jumlah hutan di bumi berkurang maka jumlah pohon juga akan berkurang dan otomatis jumlah oksigen akan berkurang. Kalau sudah begini, bagaimana manusia akan bertahan hidup di masa depan nanti?

Sponsored links

Pohon membantu menyerap polusi udara sehingga akan menghasilkan udara yang lebih bersih untuk dihirup dan dinikmati oleh manusia. Jika tidak ada hutan maka tidak ada pohon dan tidak ada yang bertugas untuk menyerap polusi udara sehingga udara akan tetap kotor dan ini akan sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Selain itu hutan juga sangat berfungsi untuk melakukan penyerapan air. Ya, tanpa ada hutan maka tidak ada pohon dan tidak akan ada akar pohon yang fungsinya menyerap air. Jika air tidak diserap maka akan mudah terjadi longsor atau banjir jika musim hujan tiba.

Hutan adalah rumah bagi hewan-hewan yang ada di muka bumi. Ada beberapa hutan yang masih ramai ditinggali oleh hewan-hewan liar yang beberapa di antaranya sudah hampir punah. Oleh karena itu, sangat berbahaya jika jumlah hutan di bumi berkurang atau bahkan tidak ada karena akan memusnahkan rumah bagi para hewan ini. Selain bagi hewan, hutan juga berperan menjadi tempat bagi manusia untuk mengistirahatkan mata. Ada beberapa jenis hutan yang memang dijadikan sebagai hutan wisata dan harus dijaga kelestariannya demi kehidupan manusia yang lebih baik di masa depan.

Berbagai macam manfaat yang diberikan oleh hutan ini membuat hutan sudah sepantasnya dijadikan harta berharga yang harus dijaga baik-baik. Bukannya malah dirusak atau dihancurkan, karena sesungguhnya dengan merusak hutan maka manusia telah merusak kehidupannya sendiri. Manfaat hutan yang begitu banyak ini semoga bisa menyadarkan manusia untuk lebih giat lagi melestarikannya.

Artikel Terkait Mengungkap Manfaat Hutan Bagi Kehidupan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *