Mengungkap Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

By Categories : Manfaat

Manfaat buah manggis bagi kesehatan sekarang ini mulai dikenal banyak orang. Buah berwarna ungu dengan kulit tebal ini memiliki rasa yang nikmat dan menyegarkan sehingga banyak yang menjadikannya sebagai buah favorit. Manggis memiliki daging buah berwarna putih yang banyak mengandung air. Kebanyakan orang mengonsumsi manggis secara langsung atau bisa juga dalam bentuk jus. Karena ukuran daging buahnya yang mungil biasanya dalam sekali makan, seseorang bisa menghabiskan banyak butir buah manggis. Selain rasanya yang enak, ternyata buah manggis sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Manggis juga bisa dijadikan sebagai obat untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Manfaat Buah Manggis

Manfaat buah manggis seperti apa yang bisa kita dapatkan?

Buah manggis dipercaya bermanfaat dalam menjaga kesehatan tubuh, salah satunya adalah dengan membantu mencegah penyakit batu ginjal. Dengan mengonsumsi buah manggis secara rutin, tubuh menjadi terangsang untuk lebih sering buang air kecil. Kondisi ini akan membuat tubuh terhindar dari penyakit batu ginjal.

Manfaat buah manggis lainnya yaitu mencegah penyakit jantung. Buah manggis diketahui mampu memulihkan kembali elastisitas pembuluh darah pada penderita penyakit jantung melalui zat antimikroba dan antioksidan yang dimiliki oleh buah manggis. Antioksidan yang dikandung buah manggis ini juga mampu menahan laju perkembangan sel-sel kanker sehingga akan mencegah penyakit kanker.

Sponsored links

Di samping mengandung antioksidan, buah manggis juga memiliki kandungan zat xanthone yang membantu mengurangi kelebihan kolesterol yang bisa menempel di dinding pembuluh darah dan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa mengonsumsi manggis ternyata ampuh untuk menghilangkan rasa sakit contohnya adalah nyeri perut karena salah makan atau karena datang bulan.

Manfaat buah manggis bisa juga dirasakan bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan. Seperti diketahui, buah manggis memiliki kandungan zat xanthone yang dapat melunakkan kembali sel-sel membran yang sudah membesar dan mengeras bersama dengan besarnya tubuh.

Kandungan buah manggis yang lain adalah catechins. Catechins ini ternyata dapat mengalahkan vitamin C serta vitamin E yang ada di dalam tubuh manusia. Seperti diketahui bahwa vitamin C dan vitamin E berperan untuk menangkal radikal bebas. Oleh karena itu, konsumsi buah manggis bisa membuat tubuh lebih banyak mendapatkan catechins sehingga tubuh akan memiliki cadangan antioksidan alami yang melimpah yang berfungsi menangkal radikal bebas. Kondisi ini akan menyebabkan tubuh memiliki kekebalan yang baik dalam melawan berbagai jenis penyakit.

Buah manggis juga bisa dimanfaatkan sebagai obat bagi penderita asma karena buah manggis memiliki kemampuan dalam melawan infeksi dan mengandung zat-zat yang mengurangi alergi.

Dari banyaknya manfaat ini, terbukti kalau buah manggis ternyata bisa dijadikan solusi dari berbagai macam penyakit. Rasanya yang manis dan segar, membuat manggis menjadi obat penyembuh penyakit yang tergolong enak. Dengan begitu banyaknya manfaat buah manggis bagi kesehatan, maka terbukti kalau konsumsi buah manggis secara rutin tergolong baik bagi tubuh.

Artikel Terkait Mengungkap Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *