Mengungkap Beragam Manfaat Terong Untuk Kesehatan

By Categories : Manfaat

Manfaat terong sudah dikenal oleh kalangan masyarakat luas. Sayuran yang bentuknya memanjang ini kerap dijadikan bahan untuk membuat masakan seperti sayur lodeh atau digoreng dengan tepung menjadi terong goreng tepung. Ada beberapa jenis terong yang bisa kita temukan di pasaran antara lain terong ungu, terong hijau, dan terong bulat. Terong termasuk sebagai jenis sayuran yang sangat mudah didapatkan dan harganya juga sangat terjangkau. Selain rasanya yang enak, terong juga memiliki aneka manfaat. Melakukan konsumsi terong secara rutin terbukti dapat membantu menjaga kesehatan tubuh.

Manfaat Terong

Apa saja manfaat terong yang bisa kita dapatkan? Manfaat yang pertama adalah terong dapat membantu meningkatkan kualitas kerja otak manusia. Terong memiliki kandungan fitronutrient yang sangat bermanfaat dalam perkembangan sel-sel otak. Khususnya untuk anak-anak yang sedang berada dalam fase pertumbuhan akan sangat baik jika diberi asupan fitronutrient yang cukup dari terong. Manfaat yang bisa kita dapatkan dari terong selain meningkatkan kualitas otak adalah terong bisa membantu menjaga kesehatan jantung. Penyakit jantung terjadi karena adanya tumpukan kolesterol di pembuluh darah yang menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar. Di sinilah terong akan berperan untuk mengurangi tumpukan kolesterol tersebut sehingga peredaran darah akan kembali menjadi lancar.

Sponsored links

Terong diketahui memiliki kandungan serat alami yang tinggi. Seperti kita ketahui bahwa serat sangat penting untuk memperlancar pencernaan sehingga dengan mengkonsumsi terong maka pencernaan akan lancar dan buang air besar bisa rutin tanpa hambatan. Selain serat, terong juga memiliki kandungan vitamin B yang cukup tinggi. Di dalam terong ditemukan vitamin B1, B3, dan B6 yang berperan penting untuk menjaga fungsi keseimbangan sistem syaraf pusat serta membantu menyeimbangkan hormon dan mempertahankan fungsi hati supaya tetap sehat.

Dari semua manfaat yang dimiliki terong, ada satu manfaat yang sangat penting yaitu sebagai antioksidan. Terong memiliki nasunin yang merupakan salah satu jenis antioksidan yang akan melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain nasunin, jenis antioksidan yang ada di dalam terong adalah asam klorogenik. Kandungan ini juga sama fungsinya, yakni melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Bukan hanya susu yang bisa membantu menjaga kesehatan tulang tetapi terong pun juga bisa melakukannya. Terong mengandung mineral dalam jumlah yang cukup banyak. Mineral dalam terong ini bisa menjaga tulang agar tetap sehat dan kuat.

Banyaknya manfaat yang bisa kita dapatkan dari terong ini semoga membuat kita lebih rajin mengkonsumsi terong. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengolah terong menjadi aneka ragam makanan yang sehat dan enak. Semua cara tersebut harus dicoba supaya bisa merasakan manfaat terong secara langsung bagi kesehatan tubuh.

Artikel Terkait Mengungkap Beragam Manfaat Terong Untuk Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *