Menggunakan Obat Tradisional Secara Bijaksana

By Categories : Kesehatan

Manfaat penggunaan  obat tradisional sebagai sebagai obat alternatif, sebagai pengganti penggunaan obat-obatan yang mengandung senyawa kimia. Obat tradisional mulai banyak diminati masyarakat sebagai pengganti penggunaan obat-obatan yang mengandung senyawa kimia. Apalagi maraknya peredaran obat-obatan palsu belakangan ini, tentunya membuat masyarakat semakin khawatir dan waspada terhadap obat-obatan kimia. Obat-obatan tradisional sebenarnya telah lama digunakan sebagai obat alternatif sejak dahulu. Orang-orang telah lama mengenal bawang putih dan bawang merah sebagai obat tekanan darah tinggi atau kolesterol, jeruk nipis sebagai obat batuk, juga jahe , cengkeh, lidah buaya, sambiloto dan lain sebagainya sebagai bahan obat-obatan alami. Dan memang terbukti setelah dilakukan berbagai penelitian modern terhadap bahan-bahan alami tersebut ternyata mempunyai senyawa kimia alami yang bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan.obat tradisional

Penggunaan obat tradisional sebagai obat  alternatif memang tengah populer. Selain karena bahan bakunya yang alami sehingga meminimalisasi resiko efek samping penggunaan obat-obatan dengan kandungan kimia, obat tradisionalterdiri dari ramuan bahan-bahan alami yang relatif mudah ditemukan karena berasal dari bahan-bahan yang berada disekitar kita, dan biasanya sudah tersedia di pekarangan rumah.

Sponsored links

Kelebihan lain dari penggunaan obat tradisional yaitu mudah dalam mengolahnya menjadi obat. Apabila bahan-bahan obat tradisional telah tersedia biasanya si pasien cukup merebusnya saja, atau menghaluskannya jika untuk obat luar yang dioleskan. Hal ini tentunya bisa dilakukan oleh semua orang. Berbeda dengan pemakaian obat obatan kimia yang untuk meramunya diperlukan alat-alat canggih dengan teknologi tinggi. Dengan proses pembuatan obat yang tergolong rumit serta memakai teknologi tinggi tentunya sangat  berpengaruh terhadap harga obat. Harga obat-obatan kimia biasanya jauh lebih mahal dibanding obat-obatan tradisional yang lebih terjangkau masyarakat.

Yang perlu diperhatikan adalah penggunaan obat tradisional tetap tidak boleh dikonsumsi secara  sembarangan, walaupun obat tradisional terbuat dari bahan-bahan alami yang relatif aman dan dan dapat larut dalam pencernaan, namun kandungan senyawa aktif yang berlebihan dalam tubuh juga dapat mengakibatkan resiko yang buruk. Walaupun bisa dikatakan obat tradisional lebih aman dari obat-obatan kimia, penggunaan obat tradisional tetap harus dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan. Pastikan juga bahwa anda mengerti gejala yang terjadi karena bisa saja obat-obatan herbal yang dikonsumsi mengandung bahan yang justru menyebabkan alergi atau lainnya. Perlu diketahui juga bahwa tidak semua orang cocok mengkonsumsi obat tradisional, cara meracik obat-obatan tradisional, dan waktu penggunaannya juga dapat berpengaruh terhadap khasiat yang terkandung dalam obat tradisional tersebut. Hal ini sangat  dipengaruhi oleh kondisi tubuh si pasien yang akan berpengaruh terhadap metabolismenya. Jadi sekali lagi kenali pastikan anda mengetahui keadaan tubuh anda dan gejala penyakit yang muncul sebelum anda mengkonsumsiobat tradisional.

Artikel Terkait Menggunakan Obat Tradisional Secara Bijaksana

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *