Mengenal Penyebab Komedo Dan Pencegahannya

By Categories : Kesehatan

Mengenali penyebab komedo menjadi bagian penting dari ikhtiar untuk mencegah datangnya masalah kulit wajah yang satu ini. Komedo menjadi salah satu problem kulit wajah yang menjengkelkan. Selain mengurangi keindahan tampilan kulit wajah, komedo biasanya juga suka membandel. Datang lagi dan datang lagi. Apa sajakah sebenarnya faktor-faktor yang dapat menyebabkan timbulnya komedo?

Komedo dapat timbul karena penyebab-penyebab berikut ini.

penyebab komedo

  1. Produksi minyak yang berlebihan

Minyak yang menyumbat pori-pori kulit dapat penyebab komedo. Produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah sendiri dapat terjadi pada ketika datang bulan pada wanita, pada masa pubertas, atau terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak atau dengan kadar lemak tinggi.

  1. Penggunaan kosmetik

Penggunaan kosmetik yang berlebihan, seperti tabir surya, pelembap, alas bedak, dan jenis-jenis make up lainnya, dapat mengiritasi kulit atau menyumbat pori-pori sehingga menyebabkan timbulkan komedo.

  1. Stres

Stres berkepanjangan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan, juga kesehatan mental.

Sponsored links

  1. Pola hidup yang tidak sehat

Pola hidup atau gaya hidup yang tidak sehat dapat menjadi penyebab komedo. Gaya hidup yang bagaimanakah itu? Merokok, mengonsumsi minuman beralkohol, dan terlalu banyak mengonsumsi kafein dapat menyebabkan timbulnya komedo. Stres juga dapat memicu munculnya berbagai masalah pada kulit, termasuk komedo.

  1. Makanan

Makanan sangat menentukan kualitas kesehatan seseorang secara keseluruhan. Kesehatan kulit pun sangat bergantung pada makanan yang dikonsumsi. Konsumsi makanan-makanan tertentu yang berlebihan dapat menjadi penyebab timbulnya komedo, seperti makanan cepat saji, makanan dengan kadar gula tinggi, dan makanan dengan kadar minyak tinggi.

Dalam dunia kesehatan ada satu prinsip yang mesti dipegang teguh, yaitu mencegah daripada mengobati. Daripada berjibaku dan stres dengan komedo yang senantiasa hadir tak diundang yang membuat wajah terlihat kusam, lebih baik melakukan langkah-langkah pencegahan. Untuk mencegah datangnya komedo dapat dilakukan dengan cara, antara lain sebagaiĀ  berikut.

  1. Membersihkan wajah pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur menggunakan sabun muka atau milk cleanser yang sesuai dengan jenis kulit.
  2. Banyak mengonsumsi air putih.
  3. Menghindari mengonsumsi secara berlebihan makanan yang dapat menjadi penyebab komedo, dan memperbanyak konsumsi makanan sehat.
  4. Menghindari stres.
  5. Banyak mengonsumsi air putih.
  6. Tidak berlebihan menggunakan kosmetik atau make up.
  7. Merawat wajah secara teratur menggunakan masker. Jeruk nipis adalah dapat menjadi pilihan yang baik karena bermanfaat untuk mengurangi lemak di kulit wajah serta mengencangkan dan menghaluskan kulit.

Dengan mengetahui penyebab komedo, kita dapat berupaya semaksimal mungkin untuk melakukan langkah-langkah pencengahan agar komedo, baik komedo putih maupun komedo hitam, tidak hadir di wajah dan menjadi problem menjengkelkan yang harus terus-menerus dihadapi.

Artikel Terkait Mengenal Penyebab Komedo Dan Pencegahannya

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *