Mengenal Lebih Dekat Mengenai Apotek Hidup

By Categories : Kesehatan

Mari kita mengenal lebih dekat mengenai apotek hidup yang merupakan tanaman yang sangat berguna untuk kesehatan kita. Sebagai bentuk dari pelestarian akan kekayaan alam semesta ini yaitu dengan melindungi dan merawat berbagai jenis tanaman yang ada di dunia ini, baik jenis tanaman atau tumbuhan yang memberian keteduhan ataupun jenis tanaman yang dapat memberikan efek manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Namun akan terasa sulit bagi mereka yang berada ditengah perkotaan yang begitu padat dan sulit untuk menemukan lahan untuk melakukan kegiatan bercocok tanam tanaman yang semakin lama semakin terancam kepunahan.

Mengenal Apotek Hidup

Namun saat ini kesadaran akan pentingnya menjaga kelestarian alam mulai tumbuh kembali disekitar kita, sehingga banyak masyarakat kita yang peduli akan kelestarian alam semesta dengan menjadikan pekarangan rumahnya menjadi asri dan hijau dengan menanam berbagai jenis tanaman. Selain itu, dengan berkembangnya pengetahuan mengenai jenis obat-obatan herbal dapat mendorong masyarakat untuk mulai membudidayakan berbagai jenis tanaman herbal sendiri. Perlu kia ketahui bahwa, membudidayakan berbagai jenis tanaman herbal dipekarangan rumah dapat memberikan banyak sekali manfaatnya bagi kita. Selain udara disekitar rumah kita menjadi lebih segar, kita juga tidak perlu susah payah mencari tanaman obat ke hutan atau ke tukang penjual tanaman atau harus repot-repot pergi ke toko obat jika kita atau anggota keluarga kita sedang sakit. Kita dapat membuat ramuan herbal yang sangat berkhasiat dengan memanfaatkan berbagai jenis tanaman obat yang telah kita tanam di pekarangan rumah kita. Selain hemat biaya, kita juga tidak harus membuang waktu yang cukup lama dalam mencari jenis tanaman yang kita butuhkan untuk dijadikan sebagai obat herbal. Itulah mengapa, hal ini dinamakan dengan apotek hidup.

Melakukan pengobatan dengan menggunakan tanaman obat dapat dilakukan dengan sangat mudah, serta tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya seperti mengkonsumsi obat-obatan pabrik yang memiliki kandungan kimia berbahaya jika dikonsumsi dalam jangka waktu panjang. Maka tak heran jika orang-orang dijaman terdahulu memiliki tubuh yang sehat dan kuat akan serangan berbagai jenis penyakit, sehingga mereka memiliki umur yang panjang dan sehat.

Pada saat itulah, banyak orang yang melakukan dan menciptakan apotek hidup dipekarangan rumahnya. Selain dapat menghemat biaya, cara ini juga sangat mudah untuk dilakukan dengan hanya memetik jenis tanaman obat yang dibutuhkan dan mengolahnya untuk dijadikan sebagai obat keluarga yang alami. Dengan begitu, kesehatan keluarga akan tetap terjaga dan lebih kuat akan serangan penyakit yang dapat menyerang kita kapan saja dan dimana saja.

Sponsored links

Pengertian Apotek Hidup

Apotek hidup adalah suatu metode yang memanfaatkan pekarangan rumah untuk dijadikan sebagai lahan yang menanam berbagai jenis tanaman obat herbal, sehingga jenis tanaman ini dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari. Fakor pendorong orang-orang untuk menciptakan apotek hidup dipekarangan rumah yaitu, banyaknya bukti yang ditemukan bahwa pengobatan herbal dengan bahan alami lebih ampuh dibandingkan dengan menggunakan obat-obatan kimia yang dapat menimbulkan efek samping dikemudian hari. Maka dari itu, mereka lebih memilih membuat ramuan sendiri untuk mengobati penyakitnya dengan mengkonsumsi obat-obatan tradisional.

Nah, sehubungan dengan hal itu, memiliki pekarangan rumah yang terdapat berbagai tanaman obat menjadikan kita lebih mudah untuk mendapatkan obat alami yang sewaktu-waktu kita butuhkan. Memiliki apotek hidup ini tidak hanya menjadi tempat persediaan obat-obatan herbal yang dapat kita butuhkan sewaktu-waktu, tetapi juga dapat menjadikan pekarangan rumah kita menjadi asri, indah dan menjadikan udara di dalam rumah kita menjadi lebih sejuk. Coba saja kita bayangkan, jika dipekarangan rumah kita banyak terdapat berbagai jenis tanaman obat, tentu saja kita akan sangat mudah mendapatkannya jika ada salah satu dari anggota keluarga kita ada yang sakit walau tengah malam sekalipun.

Untuk menjadikan pekarangan rumah anda menjadi sebuah apotek hidup, anda teidak perlu memiliki lahan pekarangan yang luas dan juga tidak memerlukan biaya yang mahal. Lahan pekarangan yang kecilpun dapat anda sulap menjadi apotek hidup bagi keluarga, bagaimana anda pintar-pintar menata dan mengaturnya agar dapat ditanami berbagai jenis tanaman obat. Selain memiliki apotek hidup untuk keluarga, tanaman obat juga tidak kalah indahnya jika dijadikan untuk menghiasi pekarangan rumah anda agar tampak lebih indah dan terasa nyaman untuk dihuni.

Di dalam cara perawatan tanaman ini tidak terlalu sulit seperti tanaman hias, sehingga tidak perlu mendapatkan perawatan khusus. Selain itu, tanaman ini tidak mudah terserang hama karena didalam tanaman obat ini memiliki kandungan zat alami yang dapat mencegah dan mengatasi serangan hama. Sehingga dengan begitu, anda tidak perlu memberikan pestisida dan cukup dengan rutin menyiramnya setiap pagi.

Artikel Terkait Mengenal Lebih Dekat Mengenai Apotek Hidup

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *