Mengenal Jenis Ayam Saigon

By Categories : Hewan

Ayam Saigon atau lebih dikenal masyarakat luas dengan nama ayam Bangkok Vietnam, ayam ini merupakan salah satu jenis ayam yang dikembangkan dinegara Vietnam, ayam ini merupakan jenis ayam dari hasil persilangan. Ayam Vietnam masuk ke Indonesia setelah masuknya ayam Bangkok yang awal, namun kepopuleran ayam Bangkok saigon tidak secemerlang ayam Bangkok Thailand. Hal ini dikarenakan, ayam Bangkok Vietnam memiliki banyak kelemahan dalam menyerang dan juga kurang lincah dalam mencari peluang untuk menyerang dan memukul lawannya serta gerakannya sangat lambat.

ayam saigon

Tetapi walau begitu, tetap ayam ini juga memiliki keunggulan lain yang jarang dimiliki oleh ayam petarung lainnya. Kelebihan ayam Saigon yaitu dari fisiknya yang sangat kuat mulai dari struktur otot-otot tubuhnya dan juga struktur tulangannya yang kokoh, sehingga ayam ini akan lebih kuat terhadap pukulan lawannya. Namun seiringnya waktu, ayam Saigon ini menjadi lebih popular karena para pecinta ayam petarung membuat perubahan pada genetika ayam tersebut sehingga lebih baik dari awal ayam ini datang ke Indonesia.

Setelah melakukan evolusi dengan cara menyilangkan ayam ini dengan jenis ayam aduan lain yang berkualitas sangat baik, maka ayam Saigon yang dulunya sangat lambat dan kurang licah dalam menyerang menjadi berbalik baik dari tehnik dan serangan yang cepat dan keras. Maka pada saat itulah banyak para pecinta ayam aduan melirik ayam Saigon untuk mereka pelihara dan kembang biakan. Bagi anda yang sedang tertarik untuk memelihara ayam Saigon, sebaiknya anda lebih teliti dalam memilih kualitas ayam yang baik. Karena banyak ayam Saigon tidak asli atau silangan dengan kualitas yang kurang baik. Untuk mengetahui ciri-ciri ayam Saigon yang asli, anda dapat mengenali beberapa ciri-ciri berikut ini.

Ayam Saigon terdiri dari 3 jenis, diantaranya yaitu :

•    Jenis gundul
Jenis ayam Saigon gundul yang asli yaitu pada bagian leher sampai kepada kepalanya tidak ditumbuhi bulu seperti ayam pada umumnya, jenis inilah yang paling sering kita jumpai dan paling banyak dikenal masyarakat.

•    Jenis ayam Saigon yang berbulu tipis
Jenis ayam Saigon yang satu ini tidak gundul, tetapi bulunya sangat tipis, bahkan bulu ekornya juga tidak sebanyak bulu ekor aya aduan lainnya.

•    Ayan Saigon berbulu lebat
Jenis ayam ini memiliki bulu yang lebat seperti ayam aduan pada umumnya.

Dilihat dari kelebihannya, ayam Saigon memiliki kelebihan seperti berikut :
•    Ayam Saigon asli memiliki struktur tulangan yang besar dan kokoh dan juga kulitnya lebih tebal dan cukup keras.

•    Ukuran dan bobot ayam ini juga dapat melebihi ukuran dan bobot pada jenis ayam birma.

Namun bagi anda yang tertarik memiliki ayam Saigon asli, anda juga harus mengatahui beberapa kekurangan yang dimiliki ayam Saigon sebelum melalu proses evolusi yang diantaranya yaitu :
•    Jika ayam asli Saigon seperti yang didatangkand ari Vietnam pertama kali memiliki kelemahan dalam menyerang yang lambat da tehnik menyerang yang kurang baik.

•    Bulunya yang jarang dan mudah patah jika terkena pukulan lawan, sehingga tampilannya kurang gagah dan menarik seperti ayam Bangkok pada umumnya.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai ayam Saigon atau ayam Vietnam, semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan sampai jumpa.

Artikel Terkait Mengenal Jenis Ayam Saigon

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *