Membuktikan Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh

By Categories : Manfaat

Manfaat jambu biji bagi kesehatan tubuh mungkin telah banyak diketahui oleh masyarakat luas. Buah yang berkulit tipis dan memiliki biji dengan ukuran kecil yang jumlahnya sangat banyak ini  memiliki rasa manis yang sangat nikmat ketika sudah matang. Buah ini biasa dijadikan sebagai jus atau bisa juga dipotong-potong dan dimakan secara langsung hanya saja kalau dimakan langsung akan sulit karena bijinya yang begitu banyak. Buah jambu biji telah diketahui mengandung beberapa zat penting seperti di antaranya adalah minyak atsiri, asam psidiolat, asam ursolat, asam kratogolat, asam guajaverin, asam oleanolat, dan beragam macam vitamin yang pasti sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Manfaat Jambu Biji

Selain rasanya yang enak, jambu biji memberikan banyak manfaat.

1. Dapat melancarkan pencernaan

Jambu biji dikenal ampuh untuk membantu melancarkan pencernaan. Kandungan serat alami yang sangat tinggi dalam buah jambu biji memiliki peranan yang penting untuk membantu melancarkan sistem pencernaan makanan di dalam tubuh. Selain membantu pencernaan, serat ternyata juga membantu menjaga membran mukosa usus dari efek buruk racun dan juga membantu mengikat bahan kimia yang bisa masuk ke usus besar dan dapat menjadi pemicu munculnya kanker.

2. Vitamin C Tinggi Lebih Tinggi dari Jeruk

Pada setiap 100 gram jambu biji terdapat kandungan vitamin C sebanyak 87 mg, sedangkan buah jeruk memiliki kandungan vitamin C hanya sekitar 49 mg. bahkan jika dibandingkan dengan jenis buah impor seperti anggur dan juga apel, kandungan vitamin C nya sangat jauh berbeda hingga berpuluh-puluh kali lipat. Menurut dari hasil daftar Analisa Bahan Makanan (1992), buah apel memiliki kandungan vitamin C hanya sekitar, 5 mg per 100 gram, sedangkan buah anggur hanya memiliki kandungan vitamin C sekitar 3,3 mg per 100 gram.

Buah jambu biji telah diketahui mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Kandungan vitamin C ini bisa membantu tubuh untuk menangkal radikal bebas sehingga tubuh akan memiliki daya tahan yang kuat dan juga terhindar dari berbagai macam penyakit.

3. Mencegah Kanker

Sponsored links

Buah jambu biji juga diketahui mengandung senyawa antioksidan polifenolik dan flavonoid yang bisa mencegah terjadinya pertumbuhan sel abnormal yang akan memicu munculnya penyakit kanker.

4. Makanan Untuk yang Sedang Diet

Kandungan lemak dan kalori yang rendah juga membuat buah ini cocok sekali untuk dijadikan makanan bagi mereka yang sedang menurunkan berat badan. Selain memberikan efek kenyang, buah ini juga memiliki banyak vitamin dan mineral yang membuat tubuh semakin sehat.

5. Menjaga Fungsi Otak dan Syaraf

Manfaat berikutnya yang bisa didapatkan dari konsumsi buah jambu biji adalah mampu menjaga fungsi otak dan juga fungsi syaraf. Ada kandungan vitamin B3 dan vitamin B6 yang bisa membantu memberikan rangsangan kepada otak. Di samping itu vitamin B6 juga diketahui berperan sebagai pyroxidine yang akan memperlancar aliran darah dan aliran nutrisi ke semua sel di otak dan juga syaraf.

6. Untuk Menurunkan Kolesterol Dan Mengendalikan Hipertensi

Selain kaya akan kandungan vitamin C, ternyata jambu biji juga memiliki kandungan potassium yang cukup tinggi sekitar 14 mg dalam setiap 100 gram. Senyawa potassium ini sangat bermanfaat untuk membantu menormalkan denyut jantung, dapat menstabilkan cairan di dalam tubuh, menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan juga mengaktipkan kembali kontraksi otot.

Oleh karena itu, buah jambu biji adalah salah satu jenis buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi secara rutin. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, lebih baik konsumsi buah jambu biji dilakukan tanpa menambahkan bahan-bahan lainnya. Contohnya adalah jus jambu tanpa gula karena buah jambu biji sendiri sudah memberikan rasa manis yang pas. Untuk merasakan sendiri manfaat jambu biji bagi tubuh ada baiknya untuk mulai rajin melakukan konsumsi jambu biji.

Artikel Terkait Membuktikan Manfaat Jambu Biji Bagi Kesehatan Tubuh

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *