Langkah-Langkah Cara Membuat Tempe

By Categories : Info Unik, Serba Serbi

Langkah-Langkah Cara Membuat Tempe. Makanan tradisional yang terbuat dari bahan dasar kacang kedelai yaitu tempe, ternyata memiliki nilai atau kndungan gizi yang tak boleh di sepelekan. tempe mengandung protein yang sangat di butuhkan oleh tubuh dalam melakukan aktiftas. Tapi apakah anda tahu bagaimana cara membuat tempe? Ternyata untuk membuat tempe terbilang cukup sederhana, jika di bandingkan dengan pembuatan tahu yang membutuhkan proses lebih lama.

Tak hanya di Indonesia ternyata pamor tempe juga popular di luar negeri seperti di Jepang, Jerman dan Amerika serikat. Proses pembuatan tempe telah ada sejak jaman dahulu dan untuk pertama kalinya di buat oleh orang jawa secara sederhana. Agar tempe yang di hasilkan bagus, oleh karena itu sangat dibutuhkan bahan dasar kacang yang berkwalitas. Jika sudah mendapatakan kacang yang berkwalitas, hal yang harus di perhatikan berikutnya adalah cara atau proses pembuatan yang harus teliti. Proses terjadinya tempe karena adanya jamur yang berasal dari biji kedelai ikut serta dalam pematangan proses pembuatan tempe yaitu jamur rhizopus sp.

Jamur Rhizopus sp ini bekerja dengan membentuk benang-benang hifa. Nah benang-benag hifa iniah yang kemudian mengikat atau menyatukan antara biji kedelei satu dan biji kedelai yang lainya. Maka disinilah terjadi penggumpalan suatu masa saling bekerja sama, masa yang di maksud adalah tempe. Seiring terjadinya masa pertumbuhan jamur Rhizopus sp ini juga memproduksi enzim yang bekerja sebagai pengurai protein yang ada pada biji kedelai tersebut, agar kandungan protein-protein pada biji kedelai mudah untuk di uraikan atau di cerna.

Cara Membuat Tempe

Langkah-langkah membuat tempe

Berikut ini merupakan langkah atau cara membuat tempe, untuk lebih jelasnya mari simak langkah dan bahan yang di butuhkan diantaranya sebagai berikut :
Cara membuat tempe

Bahan-bahan & Alat-alat yang membuat tempe :

  • Kacang kedelai, 2 kg
  • Ragi tempe (inokulum raprima / biakan murni rhizopus sp), 1,5 gram
  • Daun pisang / daun jati / kantung plastic

Alat-alat membuat tempe :

• Baskom
• Saringan
• Dandang
• Kipas angin
• Sotel kayu
• Tampah
• Kompor dll

Cara mengolah bahan-bahan menjadi tempe :

  1. Pastikan semua alat dalam keadaan bersih dan streril.
  2. Bersihkan kacang kedelai, sampai benar-benar bersih.
  3. Selanjutnya rendam kacang yang telah bersih dengan air dingin selama 12 sampai 18 jam. Perendaman bertujuan agar biji kedelai dapat menyerap air sebanyak mungkin.
  4. Bersihkan kacang dari kulit luarnya sampai bersih, lalu bilas dengan menggunakan air. Tiriskan.
  5. Kukus kacang tersebut sampai empuk, angkat dan tuangkan biji kedelai tersebut pada tampah.
  6. Pastikan terurai rata, lalu angin-anginkan dengan menggunakan kipas angin sampai biji tersebut hangat.
  7. Barulah taburkan ragi pada biji kedelai hingga merata, kemudian masukan pada kantung ataundaun sesuai selere. Jika menggunakan kantong plastic sebaiknya beri lubang-lubang kecil.
  8. Simpat biji tersebut dalam suhu kamar yang hangat sampai permukaan biji tertutupi hifa.

Itulah langkah-langkah cara membuat tempe. Untuk selanjutnya anda dapat menjadikannya olahan atau di jual. Banyak orang terbantu sosial ekonominya dengan menggeluti bisnis membuat tempet. Semoga informasi tersebut dapat menjadi inspirasi bagi anda semuanya.

Artikel Terkait Langkah-Langkah Cara Membuat Tempe

Sponsored Link
loading...
Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *