Manfaat Wortel Dalam Menjaga Kesehatan

By Categories : Manfaat

Manfaat wortel bagi tubuh terutama dalam upaya menjaga kesehatan, kini mulai disadari oleh masyarakat Indonesia. Wortel merupakan sayuran yang banyak digunakan sebagai campuran pada masakan sop ataupun masakan lainnya, namun wortel juga bisa di jus. Jus dikonsumsi dengan cara apapun ternyata memberikan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Kandungan yang dimiliki oleh wortel cukup lengkap. Kandungan tersebut antara lain kalori, mineral, vitamin A, C, dan B kompleks, protein, lemak, dan karbohidrat. Melihat banyaknya kandungan tersebut maka tidak salah lagi jika wortel sangat bermanfaat bagi tubuh.

manfaat wortel

Manfaat wortel dalam menjaga kesehatan

Wortel dengan segala macam kandungan nutrisi dan zatnya sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Semuanya sudah dikenal dengan baik oleh masyarakat. Maka beikut ini adalah manfaat wortel dalam menjaga kesehatan tubuh

  1. Menjaga kesehatan mata

Vitamin A yang dimiliki oleh wortel sangat dikenal masyarakat sebagai vitamin mata paling alami. Vitamin A ini sangat penting untuk mata. Wortel sendiri memang memiliki kandungan vitamin A yang tinggi dibandingkan dengan sayuran lainnya. Wortel juga bermanfaat mencegah terjadinya katarak pada mata. Wortel dikonsumsi dengan cara di jus ataupun dimakan dalam bentuk wortel kukus dipercaya akan menjaga kesehatan mata.

2. Mencegah kanker

Wortel ternyata salah satu sayur yang memiliki antioksidan yang tinggi. Kandungan antioksidan yang tinggi ini sangat bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker dalam tubuh. Flavonoid yang dimiliki wortel, merupakan senyawa yang dapat mencegah dan melawan kanker.

3. Mengurangi kolesterol

Magnesium yang dimiliki oleh wortel memiliki manfaat untuk membantu mengontrol kolesterol yang ada didalam tubuh. Magnesium ini juga bermanfaat untuk menurunkan level kolesterol yang ada didalam tubuh.

Sponsored links

4. Menjaga kesehatan pencernaan

Sayuran wortel memang memiliki kandungan serat dan fiber yang sangat tinggi. Kedua kandungan ini akan membantu menjaga kelancaran system pencernaan pada tubuh. Wortel sendiri merupakan sayuran yang tepat untuk dikonsumsi bagi orang yang diet. Wortel mengandung karbohidrat dan serat yang tinggi yang akan membuat orang tetap merasa kenyang.

5. Membuat Gigi kuat

Sayuran wortel sangat membantu untuk menghilangkan plak dan sisa makanan yang dapat merusak gigi dan gusi. Kandungan mineral tertentu dalam wortel, dapat mencegah kerusakan gigi dari waktu ke waktu.

6. Membersihkan racun

Kandungan vitamin A yang ada dalam sayuran wortel ternyata dapat membersihkan organ pencernaan pada tubuh manusia. Vitamin A akan membersihkan usus dan empedu serta lemak yang ada di hati. Pembersihan dilakukan secara alami, namun hasilnya sungguh efektif. Mengkonsumsi jus wortel dengan campuran madu akan seminggu sekali adalah cara untuk membesihkan racun dalam tubuh.

Wortel sayuran murah yang mudah ditemukan dipasar ini jangan lagi dipandang sebelah mata. Begitu banyak manfaat yang dimiliki olehnya. Manfaat wortel memang tidak bisa dirasakan langsung.

Artikel Terkait Manfaat Wortel Dalam Menjaga Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *