Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

By Categories : Manfaat

Manfaat susu kedelai selama ini diketahui banyak orang masih kalah jika dibandingkan manfaat yang diberikan susu sapi. Kandungan protein yang dimiliki susu kedelai memang tidak sebanyak protein yang ditemukan dalam susu sapi akan tetapi jika dikonsumsi secara rutin, susu kedelai bisa memberikan khasiat yang luar biasa. Salah satu manfaat yang diberikan susu kedelai adalah menurunkan resiko osteoporosis. Susu kedelai ini sangat cocok dikonsumsi oleh orang-orang yang menderita atau memiliki riwayat penyakit jantung karena kandungan lemak jenuhnya yang relatif rendah. Susu kedelai juga dikenal sebagai pengganti susu bagi anak-anak yang menderita alergi susu sapi sehingga asupan protein mereka masih bisa terpenuhi.

Seperti apa manfaat susu kedelai yang bisa kita dapatkan?

Manfaat Susu KedelaiSusu kedelai dipercaya sebagai alternatif bagi orang-orang yang ingin menurunkan berat badan namun tetap ingin melakukan konsumsi susu secara rutin untuk menjaga asupan nutrisi. Susu kedelai memiliki kandungan kalori yang rendah dan dikenal sebagai susu yang kaya serat sehingga bisa memberikan rasa kenyang yang lebih lama bagi perut.

Manfaat susu kedelai lainnya adalah mampu meredakan gelaja menopause bagi wanita. Wanita yang sudah memasuki usia dimana harus berhenti menstruasi atau yang sering disebut menopause, dianjurkan untuk mengonsumsi susu kedelai. Susu kedelai mengandung isoflavon yang sifatnya hampir sama seperti hormon estrogen pada wanita. Dengan mengonsumsi susu kedelai akan menurunkan berbagai gejala menopause dan menurunkan resiko penyakit kanker yang mengancam kaum wanita.

Sponsored links

Manfaat susu kedelai juga bisa dirasakan secara langsung bagi penderita intoleransi laktosa atau bagi mereka yang alergi dengan susu sapi. Sekarang ini sudah banyak produk susu kedelai bagi anak-anak yang alergi dan tidak bisa mengonsumsi susu sapi. Penderita alergi susu sapi tetap membutuhkan asupan protein dan nutrisi dari susu, sehingga dicari alternatif lain yakni susu kedelai. Susu kedelai tidak hanya bisa dikonsumsi orang dewasa tetapi juga aman bagi bayi. Selain karena alergi susu sapi, konsumsi susu kedelai bisa juga digunakan sebagai alternatif bagi bayi yang menderita galactosemia. Galactosemia adalah gangguan langka yang diturunkan, kondisi ini menyebabkan tubuh anak tidak mampu memecah dan menggunakan gula galaktosa.

Masih ada begitu banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dengan mengonsumsi susu kedelai. Susu kedelai dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah penyakit stroke, menyembuhkan diabetes mellitus, mencegah sakit kepala sebelah atau migrain, mengurangi kadar kolesterol, serta bisa berperan sebagai antioksidan serangan jantung koroner. Berbagai manfaat susu kedelai ini bisa kita dapatkan dengan cara meminum segelas susu kedelai tiga kali dalam sehari.

Artikel Terkait Manfaat Susu Kedelai Untuk Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *