Manfaat Menjalankan Ibadah Puasa

By Categories : Manfaat

Manfaat Puasa – Puasa merupakan salah satu rukun islam yang ke-4. Melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan merupakan suatu kewajiban bagi setiap muslim yang telah memenuhi syarat dan ketentunaan dalam hukum islam, salah satunya yaitu Baligh atau berakal. Jika di antara mereka sekalian tidak menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan, maka hukumnya adalah dosa. Selain itu, wajib bagi mereka yang tidak menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan untuk mengganti puasa kodo di lain waktu atau bulan yang di tentukan dan selebihnya harus membayar fidyah.

Setiap perintah Allah SWT kepada hambanya pasti ada manfaat dan hikmahnya serta bukan tanpa alasan. Begitupun dengan Ibadah puasa di bulan Ramadhan yang merupakan perintah Allah SWT pasti ada manfaat dan hikmahnya bagi manusian. Dalam hal ini tentunya tidak lepas dari Al-quran dan hadits sebagai pedoman untuk umat muslim yang taat kepadanya.
Manfaat Puasa
Nah, dalam artikel kali ini saya akan menjelaskan sedikitnya tentang manfaat, hikamah puasa sebagai berikut :

Hikmah menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan di lakukan tidak hanya untuk menahan haus dan lapar saja, akan tetapi juga agar bisa menahan hawa nafsu atau mengendalikan diri. Selain itu, bertujuan untuk menambah semangat dalam beribadah lainnya seperti shalat lima waktu, membaca al-qur’an, memperbanyak dzikir, shodaqoh / zakat, dan lainnya. Sehingga dalam bulan yang penuh ampunan ini, kita lebih banyak melakan perbuatan baik / amal shaleh untuk mendapatkan rahmat dan keselamatan bagi kita semua. Adapun perintah yang mewajibkan kita untuk melaksanakan ibadah puasa di bulan rhamadan, seperti yang telah di jelaskan dalam al-quran QS. Al-baqarah ayat 183 yang berbunyi ; “Hai orang-orang yang beriman, di wajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”

Sponsored links

Nah, dalam artikel kali ini saya akan meringkas beberapa manfaat bagi orang yang menjalankan ibadah puasa baik itu bulan rhamadan maupun bulan lainnya yang telah di tentukan, antara lain sebagai berikut di bawah ini :
Manfaat Menjalankan Ibadah Puasa
1. Bermanfaat untuk Melatih Diri agar Lebih Baik lagi
Seperti yang telah di bahas dalam penjelasan sebelumnya, melaksanakan ibadah puasa ini bukan hanya sekedar untuk menahan rasa haus dan lapar saja. Akan tetapi, dengan menjalankan ibadah puasa ini kita bisa belajar untuk melatih diri agar selalau melakukan hal-hal yang baik pada sesama, menahan hawa nafsu, tidak berburuk sangka pada orang lain, dan banyak sekali hikmah yang bisa kita pelajari / dapatkan dalam menjalankan ibadah puasa ini.
2. Bermanfaat untuk Mencapai Derajat Ketaqwaan
Hikmah atau manfaat dalam menjalankan ibadah puasa ini, tentunya setiap orang akan lebih patuh dan taat kepada perintahnya dan akan menjauhi apa yang di larangnya. Sehingga orang-orang yang demikian, sudah pasti akan mendapatkan derajat yang lebih tinggi dari sebelumnya dan menjadi orang yang bertaqwa kepada Allah SWT.
3. Bermanfaat agar Menjadi lebih Menghargai Waktu
Himah / manfaat yang bisa kita dapatkan dalam menjalankan ibadah puasa ini yaitu agar menjadi lebih menghargai waktu dalam menjalankan perintah Allah SWT maupun dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Contoh yang lainnya seperti dalam bangun pagi, biasanya di bulan atau hari-hari biasa jarang sekali untuk bangun pagi, namun saat bulan puasa bangun pagi menjadi sesuatu yang akan terbiasa selain menjalankan sunah untuk makan sahur. Dengan kedisiplinan yang di biasakan dalam bulan rhamadan, maka di bulan-bulan yang lainnya akan terbiasa pula untuk bangun pagi melaksanakan shalat sunat dan wajib.
4. Bermanfaat untuk Menjadi Pribadi yang Lebih Bersyukur
Dalam menjalankan ibadah puasa, kita makan hanya saat sahur dan buka puasa saja yaitu saat adzan magrib. Dengan ini, maka dalam diri kita akan merasa lebih bersyukur atas nikmat puasa yang kita jalankan seharian penuh.
5. Bermanfaat agar Menjadi Lebih Peduli Terhadap Sesama
Setiap muslim, semuanya adalah sodara seiman kita. dan ikatan persaudaraan ini akan terasa saat di bulan rhamadan, dalam hal ini bisa kita lihat dari beberapa contoh yang telah anda ketahui pada bulan-bulan rhamadan sebelumnya seperti. Melaksanakan berjamaah, memberikan tajil untuk berbuka puasa kepada sesame muslim secara gratis, dan berbagi ilmu agama saat menjelang sholat tarawih atau sesudahnya. Sehingga kebiasaan baik ini akan terbiasadi bulan-bulan yang akan datang.
6. Bermanfaat untuk Mempererat dalam Silaturahmi
Manfaat / hikmah dalam menjalankan ibadah puasa di bulan rhamadan yang lainnya yaitu dapat menjadi lebih dalam menjalin silaturahmi. Di bulan puasa, kegiatan-kegiatan yang berhubungan dalam ibadah puasa seperti mengaji di masjid dan berjamaah shalat tarawih, dalam suasana hangat dengan penuh ketenangan ini menjadikan pertemuan dengan orang banyak ini menjadi lebih hangat sehingga berubah menjadi pertemanan yang baik dan akrab. Sehingga akan berbuah manis dalam pertemanan di luar, sampai seterusnya.
7. Bermanfaat untuk Menjadikan Setiap Kegiatan Merupakan Ibadah
Dalam bulan rhamadan, setiap hal-hal yang kita kerjakan dengan niat baik akan berubah menjadi ibadah. Karena keistimewaa bulan rhamadan ini yaitu setiap perkara yang berhungan dengan Allah SWT akan di lipatkan pahalanya.
8. Bermanfaat Melatih Diri untuk Hidup Sederhana
Dalam menjalankan ibadah puasa ini, banyak sekali manfaat dan hikmah yang bisa kita pelajari dalam kehidupan sehari-hari. salah satu di antaranya yaitu menikmati makanan yang di sajikan saat berbuka puasa, di situ kita akan merasa betapa nikmatnya kita minum / makan dengan di sisi lain kita berfikir banyak di luar sana yang kelaparan setiap hari sedangkan kita hanya 12 jam kurang lebih menahan nafsu makan.
9. Bermanfaat bagi Kesehatan
Selain nilai-nilai paha yang bisa kita dapatkan dalam menjalankan perintah Allah SWT. Dalam menjalankan ibadah puasa seharian menahan nafsu makan ternyata memiliki manfaat penting bagi kesehatan tubuh kita, salah satu di antara yaitu sepert dapat mengurangi tekanan darah, dapat mengurangi resiko struk, dapat mengurangi berat badan, dapat mengurangi kadar diabetes, dan masih banyak lagi manfaat kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa.
Maha suci Allah…Begitu banyak keistimewaan / hikmah menjalankan ibadah puasa ini. Oleh karenanya, janganlah kamu menyia-nyiakan kesempatan dalam menjalankan ibadah di bulan puasa ini. Selain pahala yang melimpah yang bisa kita dapatkan di bulan rhamadan ini, menjadikan kesehatan tubuh kita lebih sehat terjaga dari berbagai macam penyakit menjadikan ibadah puasa ini sangat Istimewa. Karena pada intinya, semua larangan dan perintah Allah SWT mempunyai makna / himah dan tujuan tersendiri bagi kita sebagai hambanya.

Nah, itulah beberapa manfaat / hikmah dalam menjalankan ibadah puasa di bulan rhamadan. Semoga dengan artikel mengenai hikmah puasa ini menjadikan diri kita lebih patuh dan taat lagi kepada Allah SWT. Terimakasih…

Artikel Terkait Manfaat Menjalankan Ibadah Puasa

Sponsored Link
loading...
Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *