Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

By Categories : Manfaat

Manfaat puasa dikalangan para medis sudah dikenal luas. Masyarakat Indonesia baik muslim maupun non muslim tahu seperti apa menjalani puasa. Terutama bagi yang muslim,ketika bulan ramadan, puasa akan dijalankan selama satu bulan penuh. Ketika berpuasa orang akan mengeluh karena begitu banyak hal yang menurut mereka terbatas. Padahal ketika berpuasa begitu banyak manfaat yang dirasakan oleh tubuh.

Manfaat puasa ramadhan sangat banyak sekali. Ibadah yang satu ini merupakan ibadah yang sangat unik sekali karena ibadah ini sangat khas dan menyiksa umat manusia tetapi memiliki manfaat kesehatan yang sangat banyak. Puasa adalah menahan makan minum dan segala napsu kita dari terbit fajar sampai tenggelam matahari. Manfaat yang dapat kita peroleh ketika dari kita berpuasa adalah otomatis semua organ pencernaan dalam tubuh kita berhenti bekerja yang selama 1 tahun kita paksa berkerja keras untuk mengelolah makanan kita. Berikut ini adalah manfaat dari berpuasa.

manfaat puasa9 Manfaat puasa bagi kesehatan

Ketika berpuasa begitu banyak sistem dalam tubuh yang memperbaiki keadaannya dan membuat tubuh menjadi lebih produktif pada hari berikutnya. Bagi anda yang masih belum jelas mengenai manfaat puasa, berikut manfaat puasa yang belum anda ketahui :

Sponsored links

  1. Ketika berpuasa daya ingat pada otak akan meningkat. Puasa akan meningkatkan nuerotropik dari otak. Neurotropic sendiri akan membantu tubuh dalam memproduksi sel-sel otak dan yang akan meningkatkan fungsi otak.
  2. Ketika berpuasa tingkat stres pun akan menurun. Hal ini dipengaruhi oleh penurunan hormon kartisol yang dihasilkan oleh kelenjar andrenal.
  3. Ketika berpuasa maka asupan makanan yang mengandung lemak dan gula akan berkurang. Dengan demikian terjadi pula penurunan gula darah dan kolesterol. Secara lebih dalam puasa akan membuat tekanan darah lebih terkendali.
  4. Saat berpuasa terjadi peningkatan HDL dan apoprotein alfa 1. Selain itu terjadi penurunan LDl ( kolesterol ) yang bermanfaat bagi kesehatan jantung dan pembuluh darah. Ketika berpuasa terjadi penurunan distribusi sirkadian dari suhu tubuh, hormon kartisol, melatonnim dan glisemia.
  5. Bagi anda penderita gondok, puasa tidak akan berpengaruh buruk pada kelenjar gondok. Ketika berpuasa tidak terjadi perubahan kadar plasma trioksin, tiroksin bebas, tironin triyodium dan hormon perangsang gondok.
  6. Berpuasa membuat turun berat badan, memang tidak salah. Puasa sendiri seperti diet sehat. Secara tidak terlihat berat badan seseorang akan berkurang secara perlahan. Selama puasa cadangan lemak yang ada pada tubuh akan digunakan.
  7. Ketikan berpuasa fungsi ginjal akan bekerja lebih maksimal. Ketika berpuasa target kekuatan osmosis dalam urun akan tercapai. Hal ini memberikan dampak positif pada ginjal.
  8. Puasa merupakan proses detosifikasi alami. Selama berpuasa tubuh akan mengeluarkan racun dalam sistem pencernaan. Proses pengeluaran racun tidak terasa, karena racun keluar bersama air seni dan feses.
  9. Berpuasa secara teratur akan meningkatkan sel penetral alami dalam tubuh. Sel penetral alami berguna untuk menyembuhkan sakit encok secara perlahan. Selain itu ketika sel penetral diproduksi dengan baik maka bakteri penyebab radang sendi kan ditekan pertumbuhannya.

Puasa walaupun berat ketika dijalankan tetap akan memberikan manfaat positif bagi tubuh. Manfaat puasa tidak langsung dirasakan ketika pertama kali berpuasa. Ketika puasa dijalankan secara rutin maka manfaat puasa akan terasa bagi kesehatan.

Berbagai manfaat yang dapat kita ambil dalam menjalankan segala perintahnya dengan puasa tubuh kita akan bersih dan yang pasti tubuh kita akan tidak mudah terjangkit suatu penyakit. Puasa ramadhan adalah sesuatu ibadah yang memiliki banyak manfaat dan pasti kita akan mendapatkan pahala kalau kita melaksanakannya

Artikel Terkait Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *