Manfaat Propolis Bagi Kesehatan

By Categories : Manfaat

Manfaat propolis bagi kesehatan sangat terkenal terutama sebagai penekan pertumbuhan bakteri, virus dan fungi. Selain itu propolis memiliki manfaat untuk meredakan inflamasi. Propolis sendiri merupakan lem lebah, apabila lebah dikenal dengan madunya ternyata lebah juga menghasilkan propolis. Propolis sendiri dibuat oleh para lebah untuk menjaga suhu sarangnya agar tetap stabil, namun para peneliti menemukan fakta bahwa propolis juga bermanfaat bagi kesehatan.

manfaat propolis

Manfaat propolis bagi kesehatan

Propolis sebagai salah satu enzim dari lebah memiliki manfaat yang baik untuk tubuh. Berikut adalah manfaat propolis yang baik untuk kesehatan

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Propolis mengandung bioflavonoid. Bioflavonoid ini akan meningkatkan kerja sistem imun yang ada didalam tubuh. Peningkatan daya tahan tubuh terjadi karena meningkatnya aktivitas dan perbanyakan limfosit T dab makrofag yang berguna untuk memusnahkan zat asing yang ada didalam tubuh maupun yang akan masuk ketubuh. Zat asing ini contohnya kanker, tumor dan virus.

2. Antibiotik alami

Bioflavonoid yang ada pada propolis juga berfungsi untuk menghancurkan banyak bateri yang telah kebal terhadap antibiotic synthetic. Propolis juga berfungsi menghancurkan jamur yang menyebabkan penyakit kewanitaan.

3. Antioksidan Alami

Flavonoid yang dimiliki oleh propolis memiliki sifat antioksidan dan penangkal radikal bebas. Propolis sangat efektif mengikis radikal bebas yang telah menumpuk didalam tubuh. Antioksidan yang ada dalam propolis ini juga akan mencegah tumbuhnya sel – sel kanker dalam tubuh.

4. Membatu Menyembuhkan Luka

Sponsored links

Zat yang terkandung dalam propolis sangat efektif membantu penyembuhan luka. Zat yang membantu tersebut adalah asam ferulat agglutinating. Zat ini akan berperan positif dalam proses pembekuan darah. Sedangkan zat yang berperan dalam proses penyembuhan luka adalah arginin.

5. Membantu regenerasi sel dan membantu memperkuat sel

Enzim yang dimiliki oleh propolis ternyata dapat membantu meregenerasi sel – sel pada tubuh yang telah rusak ataupun yang telah mati. Selain itu enzim pada propolis juga akan membantu memperkuat sel yang telah ada agar tidak rusak karena radikal bebas maupun karena penyakit.

6. Membantu melawan penyakit pernafasan

Propolis yang memiliki manfaat membantu sistem pertahanan tubuh dalam melawan penyakit, ternyata juga membantu dalam melawan penyakit saluran pernafasan. Penyakit saluran pernafasan kronis yang bisa dilawan dengan propolis adalah TBC dan asma. Untuk penyakit asma, propolis akan bekerja dengan melebarkan bronkus penderita asma.

7. Meningkatkan sel – sel pankreas

Propolis akan membantu meningkatkan sel-sel pankreas dalam menghasilkan insulin yang berfungsi untuk mengatur gula dalam darah.

Hal – hal tadi merupakan manfaat propolis bagi kesehatan. Propolis memang memiliki harga mahal, namun manfaat propolis juga sangat besar bagi kesehatan.

Artikel Terkait Manfaat Propolis Bagi Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *