Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Yang Wajib Diketahui

By Categories : Manfaat

Manfaat pepaya selama ini hanya berkisar tentang kecantikan, namun diluar itu pepaya juga memiliki manfaat sebagai penjaga kesehatan yang alami. Pepaya begitu subur tumbuh didaerah tropis. Tanaman ini juga dengan mudah ditemukan diseluruh Indonesia. Nama latin dari tanaman ini adalah Carica Papaya. Tanaman ini mengandung begitu banyak nutrisi. Beberapa nutrisi yang dikandung oleh tanaman ini antara lain vitamin A, vitamin B, Vitamin C, Kalsium, Fosfor, Protein dan Kalori. Namun masih banyak lagi kandungan nutrisi lain yang dimiliki oleh tanaman atau buah ini.

manfaat pepayaManfaat pepaya bagi kesehatan

Begitu banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki oleh pepaya membuat tanaman ini pasti bermanfaat bagi tubuh. Manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh antara lain :

Sponsored links

  1. Pepaya merupakan buah yang mengandung enzim papain dan serat yang tinggi. Kedua hal tersebut sangat membantu dalam mengatasi masalah pada lambung dan gangguan pencernaan seperti sulit buang air besar dan sangat efektif mencegah terjadinya wasir. Pepaya secara tersembuanyi ternyata bekerja efektif dalam membunuh parasit yang mengganggu aktivitas pencernaan didalam usus.
  2. Buah pepaya juga nenbatu dalam masalah penglihatan. Berakaroten yang dikonversi menjadi vitamin A, ternyata berfungsi efektif dalam menjaga kesehatan mata.
  3. Antikosidan yang dimiliki oleh buah pepaya jga berfungsi menangkan radikal bebas yang akan masuk kedalam tubuh, terutama dalam mencegah radikal bebas yang akan merusak kulit atau mengganggu kesehatan kulit.
  4. Mengkonsumsi buah ini secara rutin dapat mencegah terjadinya oksidadi kolesterol dan menurunkan resiko penyakit kardiovakulas seperti jantung dan stroke. Kedua hal tersebut bisa diegah karena pepaya mengandung antioksidan yang cukup tinggi.
  5. Biji pepaya ternyata memiliki manfaat yang positif bagi tubuh. Biji buah pepaya mengandung flavonoid dan phenotic, keduanya merupakan zat aktif yang berperan dalam menjaga kesehatan ginjal.
  6. Vitamin C yang tinggi pada buah pepaya ternyata bisa menjadi obat pencegah flu dan batuk alami. Vitamin C ini juga berfungsi efektif sebagai penjaga sistem imun bagi tubuh.
  7. Pepaya mengandung papain dan chymopapain yang berfungsi efektif dalam meredakan peradangan dan mempercepat penyembuhan luka bakar pada tubuh. Kandungan tersebut juga berfungsi efektif dalam membantu menyembuhkan luka pabakar pada tubuh.
  8. Pepaya adalah salah satu buah yang cocok digunakan sebagai buah diet. Kandungan nutirisi yang tinggi dan serat buah yang tinggi ternyata sangat efektif bagi orang diet. Buah ini juga mengandung komposisi air yang cukup banyak, sehingga mudah dicerna oleh tubuh.
  9. Mengkonsumsi buah ini setiap hari tidak akan membuat orang menjadi penderita diabeter. Gula alami yang dimiliki oleh pepaya snagat baik bagi penderita gula. Buah ini malah berperan aktif dalam mencegah peningkatan kadar gula pada penderita diabetes.

Buah pepaya yang manis ternyata tidak hanya buah santapan setelah makan, namun juga buah yang menjadi obat alami. Buah ini mengandung begitu banyak manfaat bagi kesehatan, walaupun selama ini pepaya hanta dikenal manfaatnya untuk kecantikan saja. Manfaat pepaya lebih efektif jika buah pepaya dikonsumsi secara rutin.

Artikel Terkait Manfaat Pepaya Bagi Kesehatan Yang Wajib Diketahui

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *