Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

By Categories : Manfaat

Manfaat lidah buaya sudah dikenal oleh banyak orang yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita juga bagi kecantikan kulit dan rambut. Selain untuk menyuburkan rambut, mengobati luka bakar, lidah buaya juga bisa dijadikan sebagai minuman yang menyegarkan dan menyehatkan badan. Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman tropis yang berbentuk seperti daun berdaging. Daun lidah buaya dikenal memiliki banyak manfaat baik sebagai obat maupun kosmetik.

Kandungan yang dimiliki oleh lidah buaya antara lain adalah mannans asetat, polymannans, antrakuinon, dan berbagai lektin. Selain itu, daun yang bentuknya menjulur seperti lidah ini mengandung sekitar 75 jenis zat yang telah dikenal banyak memberi manfaat dan lebih dari 200 senyawa yang membuat lidah buaya disebut layak untuk dipakai sebagai obat herbal. Zat-zat yang dimaksud ini antara lain adalah enzim yang membantu pencernaan dan bisa mengurangi peradangan, semua jenis vitamin kecuali vitamin D, mineral, gula rantai panjang yang berfungsi menyeimbangkan kembali sistem pencernaan, saponin, dan beberapa jenis asam amino.

Manfaat Lidah Buaya

Apa saja manfaat lidah buaya yang bisa kita dapatkan?

  • Dapat mengurangi stres

Lidah buaya dikenal memiliki beragam vitamin dan mineral yang mampu membantu tubuh kita dalam menghadapi stress.

  • Sebagai bahan detoksifikasi

Kemampuannya sebagai peluruh racun alami membuat lidah buaya disebut sebagai bahan detoksifikasi.

  • Mengatasi masalah pencernaan

Konsumsi lidah buaya juga berguna untuk mengobati iritasi usus, tukak lambung, dan dapat mengatasi refluks asam pada saluran pencernaan.

Manfaat lidah buaya lainnya adalah untuk menjaga kesehatan mulut, menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka, mengurangi peradangan, perbaikan, dan peremajaan kulit. Tak jarang sekarang ini banyak kita temukan produk-produk kecantikan yang menggunakan lidah buaya sebagai bahan utama.

Sponsored links

  • Membantu penyembuhan penderita diabetes

Dalam dunia kesehatan, masih ada banyak sekali manfaat lidah buaya yang bisa kita dapatkan. Salah satunya adalah membantu mengurangi kadar gula darah bagi penderita diabetes dengan cara mengonsumsi setengah sendok jus lidah buaya selama 14 minggu.

  • Memperlancar buang air besar

Getah daging lidah buaya yang sering mengalir keluar diketahui mengandung antrakuinon glycosidesaloin A dan B yang bermanfaat untuk membantu gerakan usus sehingga akan memperlancar buang air besar.

  • Menurunkan berat badan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat lainnya yang bisa didapatkan dari daging daun lidah buaya adalah mampu membantu menurunkan berat badan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan kandungan antioksidannya,

  • Menyembuhkan serta menghilangkan bekas luka bakar di kulit,
  • Mampu membantu mengurangi rasa gatal di kulit kepala akibat ketombe.
  • Lidah buaya juga sangat bermanfaat untuk merawat rambut.

Banyak produk shampoo yang menggunakan lidah buaya sebagai bahannya karena lidah buaya terbukti mampu membantu rambut tubuh lebih lebat dan indah.

Baca juga manfaat masker lidah buaya

Dengan segudang manfaat yang diberikan lidah buaya, maka tidak ada salahnya kalau mulai sekarang kita memiliki tanaman ini di halaman rumah. Selain bisa digunakan sebagai obat, lidah buaya juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk perawatan kulit dan rambut. Dengan mengetahui aturan dan cara penggunaan yang benar, kita bisa mendapatkan manfaat lidah buaya secara maksimal yang berguna untuk kesehatan dan kecantikan.

Artikel Terkait Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Tinggalkan Komentar

One thought on “Manfaat Lidah Buaya Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *