Manfaat Kunyit untuk Menjaga Kesehatan Lambung

By Categories : Manfaat

Manfaat kunyit bisa kita dapatkan bukan hanya untuk keperluan dapur, tapi juga untuk menjaga kesehatan kita khususnya lambung. Kunyit telah lama dikenal untuk mengobati sistem gastrointestinal atau sistem pencernaan. Kunyit bisa membantu perut untuk menjaga tingkat keasaman sistem pencernaan. Meskipun beberapa orang ada yang tidak menyukai rasa dari kunyit, tapi kunyit ternyata memiliki banyak manfaat untuk menjaga lambung. Salah satunya adalah dengan membantu pelepasan empedu. Pelepasan empedu ini akan membantu proses pencernaan makanan. Kunyit membantu pelepasan empedu dengan cara menstimulasi kandung empedu untuk melepaskan empedu.

Manfaat Kunyit

Manfaat kunyit bagi pencernaan

Manfaat kunyit lainnya adalah menenangkan sistem pencernaan bagian atas dengan cara mencegah terjadinya penumpukan gas. Terkadang kita sering merasakan gas menumpuk di lambung sehingga menyebabkan kembung atau begah. Kunyit bisa dijadikan solusi supaya penumpukan gas tidak berlangsung lama dan bisa menyebabkan penyakit lambung lainnya. Kunyit juga dikenal mampu meningkatkan penyerapan di usus dan mempromosikan flora usus. Karena sifat-sifatnya yang membantu dalam proses pencernaan inilah, kunyit sangat membantu untuk menjaga kesehatan pencernaan dalam tubuh manusia. Kunyit juga mempromosikan gerakan peristaltik usus besar sehingga gerakan makanan menjadi lancar dan mampu mencegah terjadinya sembelit.

Konsumsi makanan seringkali tidak diperhatikan oleh kita. Banyak makanan yang berpotensi menyebabkan kerusakan pada sistem pencernaan masuk ke dalam tubuh kita. Kita tidak bisa menghindar dari makanan yang memiliki sifat korosif dan dapat membahayakan dinding lambung juga usus. Dengan mengonsumsi kunyit, maka kita dapat mengurangi efek buruk yang ditimbulkan oleh makanan ini dengan cara meningkatkan lendir pada dinding lambung dengan bertindak sebagai lapisan pelindung.

Sponsored links

Cara mengolah kunyit untuk mengatasi sakit lambung

Untuk mengonsumsi kunyit, ambil beberapa potong ibu jari kunyit segar yang telah dibersihkan dengan dikerik menggunakan sendok. Kemudian kunyit diparut dan ditambahkan dengan segalas air matang dan disaring dengan saringan sambil ditekan. Sebelum diminum lebih baik tambahkan madu untuk memberi rasa manis atau jeruk nipis untuk memberi rasa segar. Selain itu, kunyit juga bisa dikonsumsi dengan menambahkan yogurt. Yogurt juga dipercaya bisa memperkuat kondisi lambung sehingga akan bekerja maksimal jika dicampur dengan kunyit.

Kunyit memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan kita. Menjaga lambung dengan obat-obatan kimia biasanya akan menyebabkan ketergantungan. Belum lagi kalau lambung tidak kuat untuk menerima obat-obat tersebut, bisa jadi malah lambung menjadi semakin lemah dan sakit menjadi bertambah parah. Oleh sebab itu, penggunaan kunyit ini patut untuk dicoba. Karena merupakan bahan alami, manfaat kunyit bagi tubuh bisa lebih maksimal dan tidak menimbulkan efek samping asal tidak dipakai secara berlebihan.

Artikel Terkait Manfaat Kunyit untuk Menjaga Kesehatan Lambung

Komentar Anda:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *