Manfaat Kulit Manggis Untuk Ginjal

By Categories : Manfaat

Manfaat kulit manggis untuk ginjal. Kulit manggis yang telah diteliti sejak tahun 1976 oleh para ahli memang terbukti berkhasiat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kandungan senyawa yang terkandung di dalamnya berguna untuk mengatasi berbagai jenis penyakit seperti penyakit jantung dan batu ginjal. Penyakit batu ginjal sendiri banyak diderita oleh masyarakat Indonesia.

Sesuai dengan penelitian yang dilakukan bahwa orang di kawasan Asia dan Afrika lebih rentan terserang penyakit ginjal dibanding kawasan lain. Ini disebabkan oleh suhu yang cenderung sering berubah dan pola hidup yang tidak teratur. Dan sebenarnya gangguan pada ginjal ini bisa diatasi dengan bahan alami yang cukup mudah didapat, yaitu kulit manggis. Khasiat serta manfaat kulit manggis untuk ginjal sangatlah besar dan telah melewati penelitian yang cukup lama. Mengapa kulit manggis bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan ginjal? Berikut penjelasannya.

Manfaat Kulit Manggis Untuk Ginjal

Fungsi organ ginjal pada tubuh manusia

Ginjal merupakan organ di dalam tubuh manusia yang memiliki fungsi sebagai penyaring kotoran yang berasal dari darah dan membuangnya bersama dengan air dalam bentuk urin. Bentuk ginjal menyerupai kacang dan berukuran kecil. Setiap orang memiliki sepasang ginjal yang berada di kiri dan kanan organ tubuh di sekitar perut. Karena fungsi utamanya sebagai penyaring kotoran dan racun, maka kesehatan organ ginjal pun menjadi sangat vital untuk dimiliki setiap orang. Apabila ginjal seseorang terganggu fungsinya maka secara cepat tubuh orang tersebut akan mengalami masalah.

Sponsored links

Masalah yang timbul akibat disfungsi ginjal biasanya berupa batu ginjal yang diakibatkan oleh terbentuknya batu di dalam ginjal yang terbentuk dari batu kalsium, kalsium fosfat dan kalsium okalat. Pembentukan batu ini sendiri diakibatkan oleh peningkatan bakteri serta infeksi pada saluran kandung kemih oleh bakteri pemecah urea dan urine yang kemudian membentuk batu pada kandung kemih. Apabila tubuh kekurangan cairan atau asupan air putih yang masuk sangat minim, maka akan terjadi peningkatan kepekatan urine yang semakin meningkatkan resiko pembentukan batu ginjal.

Kulit Manggis sebagai obat untuk ginjal

Lalu apa hubungan kulit manggis dengan masalah batu ginjal? Kulit manggis, yang telah diteliti memiliki kandungan senyawa Xanthone didalamnya, terbukti berkhasiat sebagai antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan bagi tubuh. Senyawa yang terdapat dalam kulit manggis dapat memperlancar saluran urine di dalam tubuh, yang pada akhirnya bisa memperlancar saluran pencernaan di dalam urine. Selain itu antioksidan yang terkandung di dalamnya berguna untuk menangkal racun serta radikal bebas di dalam tubuh.

Demikian artikel tentang manfaat kulit manggis untuk ginjal, semoga artikel ini bisa bergiuna bagi pembaca. Baca juga artikel terkait manfaat kulit manggis bagi kesehatan.

Artikel Terkait Manfaat Kulit Manggis Untuk Ginjal

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *