Manfaat Kulit Manggis Untuk Diabetes

By Categories : Manfaat

Manfaat Kulit Manggis Untuk Diabetes bisa menjadi solusi alternatif. Kesehatan merupakan sesuatu yang sangat mahal, begitulah ungkapan yang sering diucapkan untuk menekankan betapa pentingnya kesehatan bagi kehidupan kita. Memang ungkapan tersebut tidaklah salah, mengingat biaya yang harus dikeluarkan apabila kita mengidap suatu penyakit. Untuk penyakit ringan saja seperti batuk dan flu kita harus mengeluarkan uang untuk setidaknya membeli obat warung.

Apalagi dengan penyakit berat yang memerluka penanganan dokter dan perawatan intensif di rumah sakit? Tentu biaya yang dikeluarkan akan sangat besar. Berapapun biayanya, mungkin tidak akan masalah bagi orang yang memiliki rezeki yang cukup untuk mendapatkan penanganan dari dokter terbaik dan obat terampuh.

Jika yang menderita penyakit berat tersebut merupakan orang tidak mampu tentu kendala biaya merupakan hal yang utama bagi kesembuhan mereka. Maka tidak jarang saat ini banyak yang beralih ke pengobatan tradisional, atau yang populer disebut pengobatan herbal maupun pengobatan alternatif. Selain biaya yang dikeluarkan jauh lebih sedikit, khasiat yang diberikan pun ternyata tidak kalah besar dibanding pengobatan medis. Bahan yang digunakan pun kebanyakan berasal dari alam, seperti daun-daunan dan buah-buahan. Untuk artikel kali ini saya akan membahas mengenai manfaat kulit manggis untuk mengobati penyakit yang sering diderita oleh kebanyakan orang tua, yaitu diabetes.

Manfaat Kulit Manggis Untuk Diabetes

Diabetes atau Diabetes Mellitus merupakan suatu kelainan metabolik di dalam tubuh yang disebabkan oleh defisiensi sekresi hormon insulin ataupun defisiensi transporter glukosa. Dengan kata lain penyakit diabetes disebabkan oleh ketidakmampuan tubuh untuk menghasilkan hormon insulin yang cukup untuk mempertahankan kadar gula darah yang normal. Atau bisa juga karena respon tubuh yang salah terhadap hormon insulin. Diabetes mellitus dibagi menjadi 2 jenis yaitu, diabetes mellitus tipe 1, dimana tubuh tidak bisa menghasilkan insulin dengan baik. Dan diabetes mellitus tipe 2 yang terjadi ketika tubuh tetap menghasilkan hormon insulin tetapi merespon hormon tersebut dengan tidak tepat. Kebanyakan penyakit diabetes diderita oleh orang tua diatas 50 tahun, tetapi tidak memutup kemungkinan diderita oleh orang yang berumur lebih muda karena faktor keturunan pun sangat mempengaruhi penyakit yang satu ini.

Sponsored links

Penyakit diabetes termasuk penyakit yang sering diderita oleh masyarakat Indonesia. Bahkan menurut catatan dari WHO, Indonesia menempati peringkat ke 4 sebagai negara dengan penderita diabetes terbesar di dunia. Ini tentu jumlah yang sangat besar mengingat populasi penduduk Indonesia yang banyak. Gejala diabetes yang sulit dideteksi secara dini membuat para penderita diabetes baru mengetahui penyakitnya pada saat menyentuh fase kritis. biaya untuk pengobatan yang mahal pun mau tidak mau harus dikeluarkan oleh penderita diabetes. Untuk mengatasi masalah itu, sebetulnya kita bisa memanfaatkan bahan yang cukup murah dan mudah didapat yaitu dengan memanfaatkan kulit manggis.

Penelitian menunjukkan bahwa kandungan senyawa dalam kulit mangis terbukti mampu menyeimbangkan kadar gula dalam darah yang menjadi salah satu pemicu penyakit diabetes. Dengan mengonsumsi kulit manggis secara teratur sama dengan mengurangi resiko penyakit diabetes. Selain itu harga buah manggis yang relative murah dan beredar banyak di pasaran bisa menjadi alternative lain untuk mengatasi masalah diabetes selain melalui pengobatan di jalur medis. Cara pengolahan manggis pun cukup sederhana, anda bisa membacanya di artikel tentang Manfaat kulit manggis dan cara pengolahannya. Dengan begitupun anda menghemat biaya dan bisa tetap menjaga kesehatan tubuh anda.

Demikian artikel mengenai Manfaat kulit manggis untuk diabetes, semoga dapat menjadi masukan dan informasi yang bermanfaat bagi pembaca.

Artikel Terkait Manfaat Kulit Manggis Untuk Diabetes

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *