Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

By Categories : Manfaat

Manfaat kulit manggis bagi kesehatan yang luar biasa. Sebagai negara tropis yang memiliki iklim basah, kita patut bersyukur karena hampir segala macam tumbuhan yang terdapat di dunia dapat tumbuh dengan baik di negara kita.

Dengan cuaca yang mendukung tersebut, tidak heran banyak jenis buah-buahan yang bisa kita nikmati setiap musimnya. Selain untuk dikonsumsi, banyak juga manfaat lain dari buah2an tersebut. salah satunya seperti yang dimiliki oleh buah manggis. Buah dan kulitnya pun dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit.

Membuat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Lalu apa saja manfaat kulit manggis untuk kesehatan?

Sebagai tumbuhan yang hidup subur di daerah beriklim tropis, tanaman manggis relatif mudah kita temukan. Begitupun dengan buahnya, meskipun memiliki musim tertentu untuk berbuah tapi buah manggis cukup mudah kita temukan baik dipasar maupun di swalayan. Buah manggis, yang memiliki nama latin Garcinia mangostana L., memang sangat diminati oleh banyak kalangan. Rasanya yang manis serta tekstur buah yang lembut bisa membuat ketagihan siapapun yang menikmatinya.

Ternyata selain memilki rasa manis yang nikmat, buah manggis pun memiliki manfaat lain yang berasal dari kulit buahnya. Kulit buah manggis diyakini memiliki banyak kandungan yang bisa mengobati berbagai macam penyakit. Manfaat kulit manggis diperoleh dari kandungan zat Xanthone yang dikenal sebagai zat yang memiliki aktivitas antiinflamasi  dan sebagai antioksidan. Selain itu terdapat banyak kandungan zat lain yang berguna bagi kesehatan. berikut beberapa manfaat kulit manggis bagi kesehatan :

Menjaga kesehatan otak

Kulit manggis terbukti mengandung kandungan flavonoid yang mampu mengurangi kerusakan ringan pada memori otak. Kandungan antioksidannya pun berguna untuk memperlambat penurunan fungsi otak yang bisa menyebabkan penyakit Parkinson.

Sponsored links

Menyeimbangkan Sistem Kelenjar Endokrin

Senyawa Xanthone yang terkandung di dalam kulit manggis telah diteliti dan ternyata bermanfaat untuk menyeimbangkan sistem kelenjar endokrin. Senyawa ini juga membantu tubuh dalam meregenerasi sel yang rusak akibat luka, menetralisir racun dalam tubuh, dan berbagai manfaat lainnya.

Mencegah Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal yang banyak diderita oleh masyarakat kebanyakan terdeteksi ketika sudah diderita. Jarang orang yang melakukan tindakan pencegahan untuk menghindari penyakit yang satu ini. Dengan mengonsumsi kulit manggis (baik itu berupa jus ataupun olahan lainnya) maka secara tidak langsung kita melakukan tindakan pencegahan dini terhadap penyakit batu ginjal. Ini karena dengan mengonsumsi kulit manggis kita akan lebih sering mengeluarkan air seni yang pada akhirnya membuat saluran kandung kemih kita menjadi lebih lancar.

Itulah beberapa manfaat kulit manggis bagi kesehatan. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

Artikel Terkait Manfaat Kulit Manggis Bagi Kesehatan

Sponsored Link
loading...
Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *