Manfaat Kacang Hijau Yang Belum Terungkap

By Categories : Manfaat

Manfaat kacang hijau belum banyak diketahui. Orang lebih mengenal kacang hijau adalah polong – polongan yang bisa disulap menjadi makanan yang lezat. Kacang hijau sebagai salah satu jenis tanaman polong – polongan mengandung berbagai jenis nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh kacang hijau antara lain vitamin, protein, serat, lemak, dan kalsium. Kacang hijau yang diolah dengan baik akan memberikan manfaat positif bagi kesehatan.

manfaat kacang hijauManfaat kacang hijau yang belum terungkap

Melihat banyaknya kandungan nutrisi yang dimiliki oleh kacang hijau. Kacang hijau pasti memiliki nilai positif bagi tubuh. Beberapa manfaat kacang hijau yang belum terungkap antara lain :

Sponsored links

  1. Kacang hijau merupakan jenis kacang – kacangan yang bekerja efektif dalam memerangi infeksi virus. Kacang hijau juga berfungsi memperlambat pertumbuhan sel – sel kanker. Hal lain yang bisa dilakukan kacang hiijau adalah menghambat dan mencegah pertumbuhan sel – sel tumor.
  2. Kacang hijau mengandung nutrisi isoflavon yang membantu aktivitas hormonal. Siflavon yang ada dalam kacang hijau bersofat estrogenik secara alami. Kacang hijau juga mengandung Phytoestrogen yang akan meredakan panas yang menggangu dan tidak menyenangkan. Bagi perempuan menopause, kcang hijau akan mencegah dampah buruh dari osteoporosis dan merangsang pembentukan tulang.
  3. Kacang hijau mengandung glikemik rendah sehingga kacang hijau aman dikonsumsi oleh penderita diabetes. Kacang hijau mengandung kadar gula yang sehat/ bagi orang sehat mengkonsumsi kacang hijau, cenderung memiliki tingkat lemak yang lebih rendah dibandingkan dengan mengkonsumsi makanan ringan atau makanan yang berglikemik tinggi.
  4. Kacang hijau juga bisa menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Sifat yang menurunkan koleterol ini, membuat kacang hijau aman untuk dikonsumsi oleh penderita kolesterol maupun orang sehat secara umu.
  5. Kcang hijau yang mengandung serat yang tinggi sangat membantu memperlancar pencernaan. Kandungan serat yang tinggi pada kacang hijau akan membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik pada usus sehingga mengurangi penumpukan kotoran dialam usus.
  6. Kacang hijau dapat mekasimalkan kerja sistem saraf pada tubuh vitamin B1 yang ada pada kacang hijau akan membantu meningkatkan kerja saraf karena pencernaan karbohidrat yang meningkat. Kacang hijau juga akan memaksimalkan konsentrasi pikiran dan kerja saraf dalam bekerja.
  7. Kacang hiijau memiliki antioksidan yang akan mencegah terjadinya penuaan. Kacang hijau akan menurunkan resiko penuaan dini dan mencegah terjadinya penyakit degeneratif. Kandungan mineral selenium yang berfungsi sebagai antioksidan akan mencegah kaker dan hal – hal tadi.
  8. Kcang hijau yang mengandung kalium dan fosfor membantu dalam regenerasi sel – sel tulang dan gigi. Selain membantu membantu regenerasi, kacang hijau juga membantu dalam membentuk sel – sel tulang yang ada didalam tubuh.

Hal – hal tadi adalah manfaat kacang hijau yang selama ini tersembunyi. Manfaat kacang hijau akan terasa jika konsumsi kacang hijau juga rutin dilakukan. Kacang hijau yang hanya bahan tambahan olahan makanan ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan yang belum terungkap. Manfaat kacang hijau akan terasa bila cara memasaknya benar, agar nutrisi kacang hijau tetap terjaga.

Artikel Terkait Manfaat Kacang Hijau Yang Belum Terungkap

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *