Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh

By Categories : Manfaat

Manfaat jeruk nipis dapat dirasakan dari segi kesehatan maupun kecantikan. Jeruk nipis merupakan buah yang sering digunakan dalam ramuan tradisional untuk mengobati berbagai penyakit. Meskipun tergolong buah yang sederhana, tapi jeruk nipis ampuh untuk mengobati radang tenggorokan, masalah buang air kecil, batuk, amandel, sembelit, dan masih banyak jenis penyakin lainnya. Jika dilihat dari segi kecantikan, jeruk nipis biasa digunakan sebagai bahan utama untuk produk-produk kosmetik. Contohnya adalah produk pembersih wajah atau toner yang seringkali kita lihat bergambar jeruk nipis dengan aroma jeruk yang segar.

Manfaat Jeruk Nipis

Manfaat Jeruk Nipis Sebagai Penangkal Racun Dalam Tubuh

Jeruk nipis memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, mengandung asam sitrat, asam amino, minyak atsiri, glikosida, asam sitrum, lemak, kalsium, fosfor, besi, belerang vitamin B1 dan C. Manfaat jeruk nipis dari segi kesehatan salah satunya adalah melancarkan pencernaan. Kandungan flavonoid dari jeruk nipis mampu meningkatkan produksi empedu, asam, dan cairan pencernaan. Selain itu flavonoid dapat menetralkan cairan pencernaan asam, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, dan menenangkan perut pada penderita muntah, mual, dan diare. Karena banyak mengandung vitamin C, jeruk nipis bisa menjadi sumber vitamin C yang baik. Dengan mengonsumsi vitamin C yang cukup setiap hari, daya tahan tubuh kita juga akan terjaga karena vitamin C membantu membentuk pertahanan tubuh untuk melawan bakteri penyebab penyakit. Bagi penderita sembelit, jeruk nipis juga bisa dijadikan obat. Rasa manis dari jeruk nipis mengandung serat makanan yang sangat penting untuk mencegah sembelit. Jika dicampur dengan kecap dan dipanaskan di atas api, jeruk nipis bisa dijadikan obat batuk yang rasanya enak dan segar.

Sponsored links

Jeruk Nipis Untuk Kecantikan

Dari segi kecantikan, manfaat jeruk nipis bisa juga kita dapatkan. Salah satunya adalah menghilangkan jerawat. Caranya dengan mengaplikasikan jeruk nipis pada wajah. Selain alami, penggunaan jeruk nipis pada wajah juga jauh lebih segar sehingga membuat wajah terlihat lebih cerah. Jeruk nipis bisa juga dijadikan bahan untuk memutihkan kulit wajah. Cukup dengan menyediakan 1 sendok makan bubuk kunyit, 1 sendok makan susu bubuk, dan 100 ml air perasan jeruk nipis. Semua bahan ini dicampurkan kemudian diaplikasikan pada wajah secara merata lalu dibiarkan kering sekitar 20 menit barulah dibilas dengan air hangat kemudian disusul dengan air dingin.

Baca juga: Manfaat jeruk lemon

Jeruk nipis adalah bahan yang sangat mudah didapatkan. Jeruk nipis menjadi salah satu nama yang tercantum dalam tanaman obat keluarga yang bisa ditanam di halaman rumah. Karena rasanya yang menyegarkan dan harganya yang murah, manfaat jeruk nipis bisa kita dapatkan dengan mudah dan cepat.

Artikel Terkait Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Dan Kesehatan Tubuh

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *