Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

By Categories : Kesehatan

Apa manfaat jahe untuk kesehatan tubuh? Jahe merupakan salah satu jenis tanaman yang sering dijadikan sebagai bumbu masakan atau bahan dasar pembuatan jamu tradisional. Tanaman jahe berasal dari kawasan asia pasifik mulai dari india sampai cina, sehingga kedua Negara tersebut merupakan Negara pertama yang telah memanfaatkan tanaman jahe sebagai bahan pembuatan minuman, bumbu masakan dan juga untuk bahan membuat obat-obatan tradisional.

Tanaman jahe termasuk kedalam golongan suku temu-temuan (Zingiberaceae) yang masih family dengan temulawak (Curcuma Xanthorrzha), temu hitam (Curcuma aeruginosa), kunyit (Curcuma domestica), kencur (Kaemferia galangal), lengkuas (Languas galangal) dan masih banyak lagi yang lainnya.

manfaat jahe

7 Manfaat Jahe

Taaman jahe terbagi menjadi 3 jenis yang terdiri dari jahe kuning besar, jahe kuning kecil dan jahe merah.Tanaman jahe ini memiliki khasiat yang sangat luar biasa bagi kesehatan, sehingga di negara cina jahe sering digunakan sebagai bahan untuk membuat obat-obatan herbal yang sangat berkhasiat untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan informasi mengenai manfaat jahe dan cara mengolahnya berikut informasinya.

  1. Dapat mengatasi morning sickness

Jahe terbukti sangat berkhasiat dan tidak menimbulkan efek samping bagi ibu hamil yang menderita morning sickness, caranya yaitu dengan meminum segelas air hangat yang diberi campuran jahe. Cara ini sangat efektif dalam mengatasi gangguan tersebut, konsultasikan terlebih dahulu kedokter jika anda merasa ragu.

  1. Membunuh sel-sel kanker di dalam tubuh

Meminum air jahe hangat dapat membatu dalam mencegah terkena kanker, karena nutrisi yang terkandung di dalam jahe mampu menghambat dan menghancurkan pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh.

  1. Mengurangi rasa sakit dan radang

Tanaman jahe memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat bermanfaat untuk mengurangi rasa sakit, maka sangat cocok bagi anda yang menderita osteoarthritis atau arthritis.

  1. Anti bakteri

Jahe juga dapat berfungsi sebagai anti-bakteri dan anti-jamur, ini dikarenakan tanaman jahe memiliki kandungan antioksidan zingerone yang dapat melindungi jaringan tubuh kita dari bahaya kerusakan oksidasi.

  1. Mencegah dan mengatasi mabuk perjalanan

Bagi anda yang sering mabuk dalam perjalanan, rasa hangat yang dihasilkan dari jahe ini dapat membantu meringankan gejala mual dan pusing yang sering dialami pada saat dalam perjalanan.

  1. Mengobati sakit gigi

Jahe juga dapat dijadikan sebagai obat alami yang sangat berkhasiat untuk mengobati sakit gigi, caranya dengan menggosok-gosokan parutan jahe pada gigi yang sakit. Setelah beberapa lama sakit gigi akan berangsur-angsur menghilang.

  1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Meminum air jahe hangat dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah tinggi, caranya yaitu dengan menyeduh parutan jahe dengan air panas dan diberi 2 sendok makan madu murni. Setelah itu, minum air jahe dalam keadaan hangat secara teratur 2 kali sehari.

Sponsored links

Cara Pengolahan dan Penggunaan Jahe

Cara membuat teh jahe

Untuk membuat teh jahe yaitu potong kecil-kecil jahe sekitar 3/4 sendok teh atau sekitar 1 gram, masukan kedalam cangkir atau teko terutup selama 5 menit. Dapat digunakan untuk 3 kali dalam sehari.

Cara membuat tingtur jahe

Tingtur adalah teh yang terkonsentrasi dan mungkin bertahan lebih lama untuk penyimpanan (3-6 bulan). Adapun langkah-langkah cara membuat jahe tingtur sebagai berikut;

  • Siapkan dengan memotong jahe (200 grms kering atau 300 gram segar) untuk setiap 1 liter air
  • Masukan jahe dan air kedalam toples kaca yang sudah steril dan segel dengan rapat.
  • Simpanlah toples tersebut di tempat gelap selama sekitar 2 minggu, goyang-goyangkan toples kaca setiap hari.
  • Setelah 2 minggu Saring dengan kain katun tipis cairan jahe tingtur tersebut pada wadah kaca atau mangkuk.
  • Jahe tingtur dapat diambil 1 sendok teh 1 – 3 kali sehari. Digunakan sebagai teh atau campuran jus.

Cara Membuat Minyak Jahe Aromatik

Minyak jahe dapat dicampur dengan makanan, diterapkan pada bagian tubuh yang sakit seperti di rematik dan radang sendi atau dapat digunakan sebagai aroma aromatik. Berikut langkah-langkah cara membuat minyak jahe;

  • Cuci jahe lalu potong-potongl. Kemudian biarkan mengering.
  • Pukul-pukul sedikit jahe kering tersebut dan memasukkannya ke dalam stoples kaca yang sudah disterilkan.
  • Siapkan minyak zaitun panas/hangat (jangan sampai mendidih) kemudian tuangkan minyak ke toples tadi. Pastikan bahwa potongan jahe tenggelam.
  • Biarkan dingin jauhkan dari sinar matahari langsung kemudian segel botol rapat-rapat.
  • Biarkan selama 1 minggu di tempat yang sejuk, bersih.
  • Setelah 1 minggu Saring dengan kain katun tipis untuk mengambil sari minyaknya saja.
  • Minyak jahe harus digunakan untuk digunakan dalam waktu 2 bulan.

Efek samping jahe

  • Meskipun konsumsi  jahe aman bahkan untuk wanita hamil dan anak-anak. Tapi perlu juga dicatat bahwa konsumsi berlebihan dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
  • Jahe mungkin memiliki efek samping untuk orang yang sedang menjalani terapi koagulasi, yaitu terapi tindakan yang mencegah pembekuan darah.

 

Nah itulah beberapa manfaat jahe dan masih banyak lagi manfaat lainnya seperti mencegah masuk angin, mengobati rematik dan lain-lain. Semoga informasi diatas dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

Referensi:

  • _http://www.medicalhealthguide.com/articles/ginger.htm
  • _http://manfaat.co/jahe-merah.html

Artikel Terkait Manfaat Jahe Untuk Kesehatan Tubuh

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *