Manfaat Internet Dan Intranet

By Categories : Serba Serbi

Bagi sebagian orang yang tinggal di perkotaan, internet merupakan suatu hal yang sangat di perlukan di dalam menjalani aktivitas-aktivitas atau pekerjaan yang mereka jalani sehari-hari. Fungsi dari internet dapat menghubungkan kita ke seluruh penjuru dunia, jaringan internet ini terus berkembang setiap tahunnya. Selain dari internet, ada juga jaringan yang dapat di jadikan sebagai jaringan komunikasi sejenisnya yang dinamakan dengan intranet.

Manfaat Internet-Intranet

Intranet merupakan istilah generik untuk koneksi jaringan komputer pribadi yang biasa dipergunakan dalam organisasi-organisasi atau perusahaan. Secara garis besar pengertian internet dan intranet hampir sama, namun perbedaannya hanya pada keterbukaan akses yang dimiliki. Intranet merupakan sebuah jaringan pribadi (private network) dengan menggunakan protocol-protocol yang terdapat pada jaringan ionternet (TCP/IP), intranet berfungsi untuk membagikan informasi-informasi sebuah perusahaan yang bersifat rahasia atau kegiatan-kegiatan yang dilakukan di dalam perusahaan tersebut terhadap karyawannya. Di dalam memasang jaringan intranet pada sebuah perusahaan atau organisasi, ada hal-hal yang harus dimiliki yaitu protocol internet (Protocol TCP/IP, alamat IP dan protocol lainnya) protocol-protocol yang biasa digunakan didalam penggunaan intranet yaitu HTTP dan protocol-protocol laiinya seperti FTP, POP3 atau SMTP.

Lihat juga:

Dampak Negatif Internet

Manfaat Jaringan Komputer

Manfaat Internet Bagi Pelajar

Manfaat Internet Banking

Dari kedua jenis jaringan komunikasi tersebut terdapat beberapa manfaat, disini akan saya jelaskan tentang manfaat internet dan intranet, berikut penjelasannya :

  • Manfaat internet

Manfaat dari internet yaitu dapat dijadikan sumber informasi yang tidak terbatas dengan menyediakan akses yang terbuka secara umum bagi siapa saja yang membutuhkannya. Dengan jaringan internet, kita dpat mencari berbagai informasi yang kita butuhkan seperti bisnis, lowongan kerja, hiburan, berita, social dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi jaringan internet juga dapat berdampak negatif jika kita menyalah gunakan internet tersebut.

Jaringan internet juga dapat kita jadikan sebagai sarana komunikasi yang sangat efisien, berkomunikasi dengan menggunakan jaringan internet dapat menghubungkan antar Negara dengan mudah dan tidak perlu menggunakan kode-kode tertentu. Berkomunikasi dengan menggunakan jaringan internet, kita dapat bertatap muka melalui video, berbagi cerita ataupun menyampaikan sesuatu kepada kenalan atau kerabat tanpa harus beremu langsung.

  • Manfaat intranet

Intranet dapat digunakan sebagai alat efisiensi pada perusahaan atau organisasi, sebagian besar intranet digunakan perusahaan atau organisasi untuk melakukan suatu pekerjaan yang biasa dikerjakan sehari-hari oleh karyawannya. Dengan menggunakan jaringan intranet, keamanan dan kerahasiaan suatu data atau informasi sebuah perusahaan dapat terjaga secara aman, maka dari itu manfaat intranet sangat penting bagi perusahaan atau organisasi tersebut.

Tidak hanya itu, jaringan intranet juga dapat menjadikan sebuah perusahaan atau organisasi lebih kompetitif. Penggunaan jaringan yang telah terintegrasi pada departemen-departemen tertentu, maka managemen kontrol pun akan lebih mudah dilakukan. Apabila sebuah perusahaan dapat mengelola sumber daya yang terdapat di dalam perusahaan dengan baik, maka otomatis nilai kompetitif perusahaan tersebut akan meningkat di mata para pesaingnya.

Artikel Terkait Manfaat Internet Dan Intranet

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *