Ini Dia Manfaat Duku Bagi Kesehatan Tubuh Kita

By Categories : Manfaat

Tahukah anda, apa saja manfaat buah duku untuk kesehatan tubuh? Buah duku atau di kenal dengan nama latin Lansium Parasiticum merupakan salah satu spesies tumbuhan yang masuk kedalam family Mahoni, tumbuhan ini pada awalnya berasal dari kawasan Asia Tenggara. Sedangkan di Filipina dikenal dengan sebutan lanzones, di Thailand dikenal dengan sebutan longkong, sedangkan di indonesia dikenal dengan sebutan Buah Duku.

Buah duku merupakan salah satu jenis buah yang kaya akan kandungan nutrisinya, untuk mendapatkan buah duku cukup mudah karena pohonnya banyak di tanam di berbagai kota dan daerah di indonesia. Namun buah duku ini merupakan salah satu jenis buah musiman yang hanya ada pada musimnya saja. selain itu, pohon buah duku hanya dapat tumbuh di daerah dengan intensitas hujan yang tinggi saja, sehingga buah duku ini mudah untuk ditemukan di indonesia.

Manfaat buah duku

Walaupun buah ini berukuran sangat kecil, namun buah duku memiliki manfaat yang sangat besar untuk kesehatan tubuh. Selain rasanya yang sangat manis, ternyata khasiat dari buah ini tidak kalah dengan jenis buah-buahan lainnya yang ada di indonesia.

Apa saja manfaat dari buah duku?

Berikut ini merupakan beberapa manfaat duku untuk kesehatan, diantaranya yaitu :

[accordion]
[toggle title=”1. Dapat menguatkan tulang dan gigi” state=”opened”]

Buah duku adalah salah satu jenis buah yang tinggi akan kandungan fosfor dan juga kalsium, kedua kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk pertumbuhan dan menjaga kekuatan tulang dan gigi pada anak.

[/toggle]
[toggle title=”2. Kaya akan kandungan vitamin“]

Buah duku sangat terkenal kaya akan kandungan vitaminnya, terutama jenis vitamin A, B1, B2 dan juga mineral. Sedangkan kandungan vitamin A yang termasuk kedalam jenis vitamin yang dapat larut oleh lemak dan terdiri dari retinol dan juga karotenoid. Semua kandungan vitamin tersebut sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh dalam menunjang kesehatan.

Sponsored links

[/toggle]
[toggle title=”3. Dapat melancarkan sistem pencernaan“]

Buah duku juga kaya akan kandungan serat alaminya yang dapat membantu memperlancar saluran pencernaan, sehingga buang air akan menjadi lebih lancar. Selain itu, konsumsi buah duku secara rutin dan teratur juga dapat mencegah dan menghentikan diare baik pada anak ataupun pada orang dewasa.

[/toggle]
[toggle title=”4. Menjaga sistem kekebalan tubuh“]

Kanudngan antioksidan yang terkandung di dalam buah duku cukup tinggi, antioksidan ini mampu menangkal serangan radikal bebas berbahaya dan menjaga sistem kekebalan tubuh serta mampu menghambat pembentukan sel kanker di dalam tubuh. Selain itu, kandungan vitamin C yang dimiliki buah duku juga sangat efektif mencegah tanda penuaan kulit, sehingga kulit akan selalu tampil cantik dan awet muda.

[/toggle]
[toggle title=”5. Menjaga kesehatan gusi dan mencegah sariawan“]

Tingginya kandungan vitamin C yang terdapat di dalam buah duku sudah terbukti sangat efektif dalam menjaga kesehatan gusi, sehingga dapat menjaga gusi anda agar tidak mudah berdarah dan juga terkena sariawan.

[/toggle]
[/accordion]

Demikianlah informasi yang dapat saya sampaikan mengenai manfaat buah duku untuk kesehatan, semoga dapat bermanfaat dan sampai jumpa lagi pada postingan selanjutnya.

Artikel Terkait Ini Dia Manfaat Duku Bagi Kesehatan Tubuh Kita

Sponsored Link
loading...
Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *