Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh

By Categories : Manfaat

Manfaat donor darah selama ini diketahui hanya untuk si penerima donor. Ya, dengan donor darah maka nyawa orang lain bisa terselamatkan. Satu tetes saja darah yang didonorkan akan sangat bermanfaat bagi orang yang membutuhkan. Selain sebagai salah satu bentuk aksi kemanusiaan, ternyata donor darah juga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satu manfaat donor darah yang paling sederhana adalah kita bisa mengetahui golongan darah kita setelah melakukan donor darah. Tapi bukan hanya itu, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan oleh tubuh setelah melakukan donor darah.Manfaat Donor Darah

Manfaat Donor Darah Untuk Kesehatan

Melakukan donor darah sama saja kita telah melakukan pemeriksaan kesehatan. Ketika akan mendonorkan darah maka kesehatan tubuh akan diperiksa secara keseluruhan. Oleh karena itu, dengan melakukan donor darah, seseorang bisa sekalian melakukan pemeriksaan kesehatan. Jika ini dilakukan secara rutin yaitu tiga bulan sekali maka seseorang bisa mengetahui kondisi tubuhnya secara rutin pula. Hal-hal yang bisa diketahui dalam pemeriksaan sebelum donor darah antara lain adalah tekanan darah, suhu tubuh, denyut jantung, serta tinggi dan berat badan. Selain itu dengan diperiksa sebelum melakukan donor darah, maka kita bisa tahu apakan kita mengidap penyakit tertentu seperti diabetes, hepatitis, sampai penyakit HIV/AIDS.

Sponsored links

Manfaat donor darah yang bisa kita dapatkan selain mengetahui kondisi kesehatan tubuh adalah menurunkan risiko mengidap penyakit jantung. Perlu diketahui bahwa mendonorkan darah akan memicu tubuh untuk melakukan pergantian sel darah baru untuk menggantikan sel darah yang sudah didonorkan. Kondisi ini menyebabkan berkurangnya resiko penyakit jantung dan stroke terutama pada kaum laki-laki. Donor darah secara teratur juga terbukti mampu membantu mengurangi berat badan terutama bagi mereka yang mengalami obesitas. Akan tetapi jangan sampai karena ingin berat badan berkurang kemudian melakukan donor darah terus menerus. Kondisi tubuh harus diperiksa terlebih dahulu dan dipastikan aman untuk melakukan donor darah.

Mendonorkan darah juga membantu mengurangi risiko kanker pada seseorang. Hal ini bisa terjadi karena dengan donor darah, maka akan mengurangi simpanan zat besi di dalam tubuh. Karena itulah, tubuh bisa menyeimbangkan simpanan zat besi dalam tubuh. Jumlah zat besi yang seimbang di dalam tubuh akan membantu menurunkan risiko penyakit kanker. Selain berbagai manfaat bagi kesehatan ini, donor darah juga memberikan kita perasan senang karena telah membantu orang lain dengan darah kita. Mulai sekarang, cobalah untuk rutin mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali supaya bisa mendapatkan manfaat donor darah secara langsung bagi kesehatan tubuh.

Artikel Terkait Manfaat Donor Darah Bagi Tubuh

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *