Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat

By Categories : Kesehatan

Daun sirsak merupakan salah satu daun yang memiliki banyak sekali kandungan yang bermanfaat untuk kesehatan, hal ini sudah terbukti keampuhannya dalam mengobati berbagai penyakit. Untuk itu, pada kesempatan kali ini saya akan menyampaikan informasi mengenai manfaat daun sirsak untuk asam urat.

Kandungan Daun Sirsak Yang Bermanfaat Untuk Mengatasi Asam Urat

Daun Sirsak Untuk Asam Urat

Di dalam kandungan daun sirsak terdapat banyak sekali kandungan-kandungan senyawa yang sangat bermanfaat untuk kesehatan, salah satunya untuk mengobati penyakit asam urat yang belakangan ini banyak dikeluhkan masyarakat. Kandungan-kandungan senyawa yang di miliki daun sirsak yaitu seperti tannin, filosterol, caoksalat dan alkaloid murisine. Selain itu juga terdapat kalsium dan potassium yang cukup tinggi yaitu 278mg/100g, sedangkan kadar sodium dan natrium pada daun sirsak sangat sedikit hanya  14mg/100g sehingga sangat baik untuk mengatasi asam urat. Kandungan daun sirsak juga memiliki efek diuretic (peluruh kencing) zat ini berguna untuk meredakan asam urat dan membantu mengeluarkan sekresi asam urat melalui urin.

Penyebab Asam Urat Yang Dapat Menyerang Siapa Saja

Asam urat merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja dari mulai tingkat remaja dan akan sangat rentan terhadap lanjut usia. Banyak yang keliru menafsirkan tentang gejala asam urat ini. Bahkan ada mitos yang mengatakan bahwa ngilu sendi berarti asam urat. Asam urat merupakan penyakit yang timbul akibat dari sisa metabolisme zat purin yang dikonsumsi oleh tubuh. Zat purin sendiri merupakan zat yang terkandung di dalam makhluk hidup yang kita makan, juga terdapat didalam sayur-sayuran dan buah-buahan. Dalam keadaan normal, zat purin akan dikeluarkan melalui feses dan urin. Karena sebenarnya tubuh manusia sendiri memproduksi zat purin dalam kadar yang normal yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketika kita mengkonsumsi makanan yang mengandung kadar zat purin yang tinggi, maka tubuh tidak bisa mengolah zat purin tersebut dengan normal, karena kandungannya yang sangat tinggi di dalam tubuh. Sisa dari metabolisme yang tidak terolah inilah yang mengkristal di persendian dan menyebabkan nyeri yang dikenal dengan istilah asam urat.

Untuk mengatasi rasa nyeri yang berkepanjangan di persendian kita dapat memanfaatkan rebusan daun sirsak. Cukup dengan merebus sekitar 6 hingga 10 lembar daun sirsak yang sudah dicuci bersih dengan air, kemudian rebus hingga matang. Kemudian peran daun tersebut dan air perasannya diminum. Daun sirsak sendiri mempunyai kandungan yang luar biasa sebagai obat alami untuk mengatasi asam urat. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan daun sirsak mengandung beberapa senyawa yang barkhasiat mengatasi asam urat, misalnya senyawa fitosterol, tanin, caoksalat dan alkaloid murisine. Daun sirsak juga memiliki efek diuretic (peluruh kencing) yang dapat melancarkan sekresi asam urat melalui saluran urine. Daun sirsak juga memiliki sifat anti-inflamasi atau menekan peradangan serta meredakan rasa nyeri yang timbul akibat terbentuknya kristal-kristal asam urat.

Sponsored links

Cara membuat ramuan daun sirsak untuk mengatasi asam urat :

  • Cara pertama

Pertama-tama anda siapkan 10 helai daun sirsak yang masih segar, setelah itu godok dengan 2 gelas air sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas saja. Kemudian minum air godokan daun sirsak ini dalam keadaan hangat sampai habis, minum secara teratur 2 kali sehari pada waktu pagi dan sore hari sebelum makan.

  • Cara kedua

siapkan daun sirsak yang masih segar sebanya 10 lembar, lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu balutkan pada bagian kaki yang sering mengalami rasa sakit, diamkan selama 1-2 jam. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur.

  • Cara ketiga

Siapkan 10 lembar daun sirsak segar yang baru di petik dari pohonnya dan akar didaguri, lalu rebus dangan air sebanyak 2 gelas sampai mendidih dan hanya tersisa 1 gelas. Kemudian minum ramuan tersebut secara teratur 2 kali sehari pagi dan sore.

Pantangan Bagi Penderita Asam Urat

Untuk mencapai kesembuhan lebih cepat dan efektif, anda wajib mengurangi atau lebih baiknya menghindari asupan makanan yang mengandung zat yang mengakibatkan asam urat seperti :

  1. Asupan purin
  2. Asupan kalori
  3. Asupan karbohidrat
  4. Rendah protein
  5. Rendah lemak
  6. Alkohol
  7. Kurang cairan

Demikianlah manfaat daun sirsak untuk asam urat, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba

Artikel Terkait Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *