Manfaat Daun Sirih Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

By Categories : Manfaat

Manfaat daun sirih seringkali kita temukan dalam mengatasi berbagai macam keluhan tubuh atau penyakit. Contohnya ketika sakit gigi atau gatal-gatal di daerah vital. Daun sirih diketahui mengandung antiseptik yang memiliki kandungan fenol lima kali lebih efektif daripada fenol biasa. Dengan kandungannya ini daun sirih ternyata juga ampuh untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Karena mudah didapat dan murah, penggunaan daun sirih sebagai obat ini layak untuk dicoba. Penyakit apa saja ya yang bisa disembuhkan menggunakan daun sirih?

manfaat daun sirih

Macam-macam Manfaat Daun Sirih Untuk Pengobatan Alami

Manfaat Daun Sirih Untuk Obat Diare

Diare. Manfaat daun sirih yang pertama adalah mengobati diare. Caranya sangat mudah yakni dengan mencampurkan daun sirih dengan merica dan minyak kemudian ditumbuk sampai halus dan digosokkan pada perut penderita diare.

Daun sirih untuk mengobati bronchitis dan Demam berdarah

Kemudian bronchitis, dengan membuat rebusan daun sirih yang dicampur gula dan diminumkan pada penderita sebanyak 3 kali sehari. Demam berdarah juga bisa disembuhkan dengan menggunakan daun sirih. Caranya sama saja yaitu dengan meminum air rebusan daun sirih atau juga bisa dengan mengoleskan tumbukan daun sirih pada tubuh yang dipenuhi bintik-bintik.

Daun sirih untuk mata

Kemudian untuk mata gatal dan merah, caranya dengan membuat rebusan daun sirih tanpa menggunakan gula. Rebusan daun sirih ini lalu digunakan untuk mencuci mata sebanyak 3 kali dalam satu hari. Untuk yang bermasalah dengan bau badan, daun sirih juga bisa dimanfaatkan. Caranya mudah, yaitu dengan meminum air rebusan daun sirih yang dicampur dengan gula.

Sponsored links

Daun sirih untuk mengatasi keputihan

Manfaat daun sirih yang paling dikenal oleh banyak orang adalah untuk menjaga kesehatan daerah kewanitaan salah satunya yakni mengatasi keputihan. Caranya mudah, yakni dengan membuat rebusan daun sirih kemudian dipakai untuk membasuh vagina. Kandungan antiseptiknya dipercaya mampu membunuh bakteri jahat yang bersarang di daerah kewanitaan.

Daun sirih sebagi obat kumur

Selain itu, daun sirih juga bisa digunakan sebagai obat kumur. Rebusan daun sirih yang dicampur garam dipercaya ampuh untuk membunuh bakter-bakteri di rongga mulut yang sering menyebabkan rasa sakit gigi dan ngilu pada gigi.

Daun sirih untuk meredakan mimisan

Tanpa direbus pun daun sirih juga bisa memberikan manfaat. Daun sirih yang digulung bisa membantu meredakan mimisan. Caranya dengan meletakkan gulungan daun sirih pada lubang hidung yang mengeluarkan darah. Karena alami, maka pengobatan mimisan dengan daun sirih ini tergolong aman asalkan daun sirih dibersihkan terlebih dahulu sebelum digunakan.

Rebusan daun sirih untuk diabetes

Ada dua macam daun sirih yakni daun sirih merah dan hijau. Keduanya sama-sama memberikan manfaat. Untuk daun sirih merah, daun ini bisa dikonsumsi oleh penderita diabetes. Dengan meminum air rebusan daun sirih merah dipercaya mampu mengendalikan kadar gula darah bagi penderita diabetes. Dengan mengetahui informasi-informasi ini semoga kita bisa lebih memaksimalkan manfaat daun sirih.

Artikel Terkait Manfaat Daun Sirih Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *