7 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

By Categories : Kesehatan, Manfaat

Manfaat daun salam saat ini hanya dikenal sebagai bumbu dalam masakan Indonesia. Sebenarnya daun salam memiliki begitu banyak manfaat bagi kesehatan. Daun ini memiliki nama ilmiah Syzgium polyanthum. Daun salam memiliki begitu banyak kandungan seperti euganol, metal kavikol dan etanol. Kandungan – kandungan tersebut sangat bermanfaat contohnya etanol yang bermanfaat sebagai anti jamur dan anti bakteri yang sangat efektif. Selain kandungan tadi, daun salam juga memiliki kandungan nutrisi. Kandungan nutrisi yang dimiliki antara lain berbagai macam vitamin, kalsium, zat besi dan mineral.

manfaat daun salam

7 manfaat daun salam yang belum dikenal

Daun salam ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan, namun sayangnya belum banyak dikenal. Berikut adalah manfaat daun salam bagi kesehatan

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kandungan berbagai macam vitamin terutama vitamin C pada tanaman ini sangat bermanfaat meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan penyakit. Sekarang hadir teh daun salam, teh daun salam ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

2. Pelangsing alami dan diet sehat

Daun salam mengandung senyawa kimia, enzim dan serat yang baik bagi tubuh. Kandungan tersebut ternyata juga sangat baik bagi sistem percernaan. Daun salam berfungsi untuk membantu memperlancar pencernaan.

3. Mengobati Diare dan Maag

Rebusan 20 lembar daun salam dengan dua liter air, dan ditambahkan dengan dua sendok garam. Ternyata dapat mengatasi sakit diare atau maag. Meminum rebusan ini secara rutin bisa menyembuhkan maag, untuk sakit diare maka rebusan ini cukup dikonsumsi sampai diare sembuh. Bagi penderita maag akut rebusan ini jika dikonsumsi secara rutin akan menyembuhkan maag secara perlahan.

4. Menyembuhkan Sakit Asam Urat

Sponsored links

Daun selam mengandung vitamin C dan vitamin B kompleks yang sangat bermanfaat menyembuhkan asam urat. Baik asam urat yang telah menaun ataupun asam urat yang baru saja diderita.

5. Anti Bakteri dan Anti Jamur

Etanol yang dimiliki oleh daun salam sangat bermanfaat menjadi obat anti bakteri ataupun anti jamur alami. Mencuci kaki dengan rebusan daun salam bisa menjadi pencegahan jamur yang berada di kaki dan pencegah bakteri jahat untuk kaki.

6. Menghilangkan gatal – gatal

Kandungan senyawa kimia yang dimiliki oleh daun salam sangat efektif menghilangkan masalah gatal – gatal pada kulit. Selain gatal – gatal, masalah alergi juga bisa disembuhkan dengan daun salam.

7. Mengobati Batuk

Daun salam juga bisa mengobati batuk. Kandungan senyawa yang ada pada daun salam secara perlahan akan memperbaiki daya tahan tubuh.

Tujuh manfaat daun salam tersebut belum banyak diketahui khalayak luas, karena selama ini orang hanya tahu daun salam untuk memasak saja. Manfaat daun salam tersebut bisa dirasakan jika pengolahannya dilakukan secara tepat.

Artikel Terkait 7 Manfaat Daun Salam Untuk Kesehatan

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *