Manfaat Daun Kemangi Yang Berlimpah

By Categories : Manfaat

Manfaat daun kemangi bagi orang Indonesia yaitu sebagai salah satu sayuran, daun kemangi bisanya digunakan sebagai lalapan ataupun bumbu. Daun lalapan hidup secara liar di berbagai pelosok Indonesia. Hamper seluruh wilayah Indonesia ada kemangi. Daun kemangi memiliki nama latin Ocimum basilicum. Daun kemangi memiliki aroma yang khas dan cukup menyengat.

manfaat daun kemangiManfaat Daun Kemangi Yang Berlimpah

Sebenarnya daun kemangi memiliki manfaat positif untuk tubuh, namun tidak banyak diketahui. Bagi anda yang ingin mengetahuinya berikut manfaat daun kemangi yang berlimpah untuk tubuh :

Sponsored links

  1. Daun kemangi dapat meredakan demam dan meriang. Rebusan daun kemangi dan kapulaga merupakan obat alami yang dapat mengobati demam. Bagi penderita demam berdarah dan malaria, daun kemangi sebenarnya dapat mencegah dua penyakit tadi.
  2. Daun kemangi memiliki sifat anti bakteri, anti jamur dan antibiotic. Ketika kulit terinfeksi oleh jamur, daun kemangi merupakan obat alami yang ampuh untuk menyembuhkannya.
  3. Kandungan anti bakteri dan anti jamur pada daun kemangi ternyata bisa membersihkan darah. Kerikan darah menjadi bersih maka jerawat pun bisa ditekan kemunculannya.
  4. Daun kemangi mengandung beta karoten yang berguna sebagai antibody untuk tubuh. Beta karoten juga akan memperbaiki sel tubuh yang rusak.
  5. Daun kemangi yang digosokkan pada wajah atau bagian kulit dipercaya akan membuat kulit menjadi halus, selain itu kulit akan mejadi cerah dan lebih segar.
  6. Daun kemangi mengandung isoflavon yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi dari pembuluh darah. Ketika sirkulasi darah membaik maka penyakit stroke pun akan terhindar.
  7. Daun kemangi juga akan menyembuhkan keputihan yang biasa dialami para wanita. Kandungan senyawa eugenol pada daun kemangi akan mengatasi jamur yang menyebabkan keputihan. Jamur penyebab keputihan secara perlahan – lahan mati.
  8. Daun kemangi yang dikunyah akan menyegarkan mulut. Selain itu bau mulut pun akan terusir dengan daun kemangi. Selain bau mulut, bau badan pun bisa dikurangi dengan mengkonsumsi daun kemangi.
  9. zat triptofan yang dimiliki oleh daun kemangi akan menunda proses menopause yang dialami para wanita.
  10. Mengkonsumsi daun kemangi pada musim hujan akan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit pilek dan batuk yang biasanya menyerang.
  11. Mengkonsumsi daun kemangi akan memperlancar produksi asi pada ibu menyusui.
  12. Daun kemangi dapat meringankan sakit jantung yang menyerang. Selain itu mengkonsumsi daun kemangi secara rutin akan menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Bagi anda yang suka mengkonsumsi daun kemangi, ternyata tidak ada ruginya. Tanaman ini begitu mudah tumbuh maka begitu mudah pula ditemukan. Mengkonsumsi daun kemangi setiap hari akan memberikan manfaat daun kemangi yang semakin baik pula.

Artikel Terkait Manfaat Daun Kemangi Yang Berlimpah

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *