Manfaat Daun Binahong Yang Masih Tersembunyi

By Categories : Manfaat

Manfaat daun binahong kurang dikenal lama oleh masyarakat Indonesia. Daun binahong sendiri merupakan tanaman obat yang berasal dari Korea. Tanaman ini tumbuh dengan cara merambat. Nama latin tanaman ini adalah Basella rubra Linn. Orang Indonesa terkadang hanya memandang tanaman ini seperti rumput ataupun tanaman hias, namun belum mengenal lebih jauh tentang manfaatnya. Daun binahong mengandung berbagai macam senyawa yang baik untuk tubuh. Kandungan yang dimiliki oleh daun binahong antara lain anti mikroba, asam askorbat dan antioksidan.

manfaat daun binahongManfaat daun binahong yang masih tersembunyi

Minimnya informasi terntang manfaat daun binahong di Indonesia membuha tanaman ini kurang termanfaatkan dengan baik oleh masyarkat Indonesia. Berikut adalah manfaat daun binahong yang masih tersembunyi :

Sponsored links

  1. Kandungan zat anti mikroba pada daun binahong ternyata sangat reaktif ketika menghadapi berbgai jenis kuman yang menyebabkan luka bakar ataupun luka yang lain.
  2. Asam askorbat juga senyawa pada daun binahong yang berfungsi efektif sebagai penambah zat antibodi dalam tubuh. Zat tersebut juga berfungsi efektif untuk meningkatkan daya tahan didalam tubuh ketika menghadapi sakit. Asam askorbat juga membatu memulihkan kondisi tubuh ketiak terserang sakit.
  3. Alkaloid yang dimiliki oleh daun binahong ternyata adalah senyawa yang berfungsi dengan baik menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Senyawa ini mengandung sifat hipoglikemik yang mampu menurunkan gula darah bagi penderita diabetes.
  4. Kandungan antioksidan dalam daun bianahong juga berfungsi efektif sebagai penangkal radikal bebbas. Sifatnya yang mampu mereduksi radikal bebas ini, mencegah munculnya berbagai macam penyakit yang berbahaya didalam tubuh.
  5. Senywa terpenoid yang dimiliki oleh daun binahong, merupakan senyawa hidrokarbon isometrik. Senyawa ini ternyata sangat berfungsi efektif membantu memulihkan stamina saat keadaan tubuh baru sembuh dari sakit.
  6. Daun binahong juga berperan aktif sebagai pencegah kanker. Kandungan senyanya saponin yang bersifat antioksidan dan antikasinogenik ternyata sangat berfungsi baik untuk mencegah tumbuhnya sel – sel kanker didalam tubuh.
  7. Daun binahong juga berfungsi sebagai obat luar yang alami. Daun binahong dapat menyembuhkan memar karena pukul, terkena panas api, rhematik, pegal – pgeal dan nyeri urat. Untuk obat luar cukup dengan menumbuk daun dan batang binahong hingga halus, kemudaian oleskan pad abagian yang sakit.
  8. Daun binahong juga bisa menjadi obat jerawat yang efektif dan alami. Obat ini bisa dibuat dnegan cara menumbuk lima lembar daun binahong hingga halus. Lalu olehkan pada wajah seperti menggunakan masker. Menggunakannya harus secara teratur. Sebisa mungkin digunakan pada malam hari sebelum tidur. Penggunaan yang rutin dan berulang akan menghasilkan wajah yang halus dan terhindar dari jerawat.
  9. Daun binahong juga berfungsi melancarkan haid. Meminum rebusan daun binahong akan mengurangi rasa nyeri juga memperlancar hain.

Hal – hal tadi merupakan manfaat daun binahong yang belum dikenal luas. orang hanya melihat binahong sebagai tanaman rumput ataupun tanaman hias di pot. Agar manfaat untuk kesehatannya lebih terasa makan konsumsi dilakukan secara rutin, baru manfaat daun binahong terasa bagi tubuh.

Artikel Terkait Manfaat Daun Binahong Yang Masih Tersembunyi

Tinggalkan Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *